Tertarik Tanam Bawang Merah dengan Bibit? Anda Harus Coba Varietas Rubaru -->

Tertarik Tanam Bawang Merah dengan Bibit? Anda Harus Coba Varietas Rubaru

Senin, 25 Juli 2022, 7:25 AM
loading...
Tertarik Tanam Bawang Merah dengan Bibit? Anda Harus Coba Varietas Rubaru
Bupati Sumenep Achmad Fauzi menunjukkan hasil Panen Raya Bawang Merah di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Rabu (2/3/2022) lalu. (Foto Prokopimkab Sumenep)


E-KABARI.com - Menanam bawang merah sendiri di rumah bisa menjadi solusi memenuhi kebutuhan bumbu memasak bagi ibu rumah tangga. Apalagi, harga bawang merah kini tengah meroket.


Anda bisa memanfaatkan lahan seadanya di rumah untuk menanam bawang merah. Jika lahannya sempit, menanam bawang memakai polybag dengan bibit bisa jadi solusi.


Nah, jika ibu rumah tangga tertarik menanam bawang merah, Anda bukan hanya perlu tahu cara menanam salah satu bumbu masakan utama di dunia tersebut.


Baca Juga: Cara Menanam Bawang Merah, Boleh Pakai Teknik Set atau Benih


Ketahui pula bibit bawang merah unggulan, sehingga tak memerlukan perawatan yang ekstra dan merepotkan.


Jangan khawatir soal tempat mendapatkan bibit unggul bawang merah. Anda bisa mendapatkannya dari Kabupaten Sumenep, Madura. Ada bibit bawang merah yang dikenal dengan Varietas Rubaru.


"Kawasan agropolitan Rubaru memang punya kelebihan. Rubaru punya bibit unggul bawang merah, namanya varietas Rubaru," kata Arif Susanto, Camat Rubaru waktu itu yang kini menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep, Rabu, 2 Maret 2022.


Mengapa Harus Pilih Bibit Bawang Merah Varietas Rubaru


Bawang merah varietas Rubaru merupakan bibit yang unggul. Hasil panen raya bawang merah di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru pada awal Maret 2022 lalu menjadi bukti keunggulan varietas Rubaru.


Karena itulah, jika Anda tertarik menanam bawang merah, maka coba tanam bibit bawang merah verietas Rubaru.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep Arif Firmanto menyebut keunggulan bawang merah varietas Rubaru lebih tahan hama.


"Varietas Rubaru ini kan varietas Obsession. Artinya lebih tahan penyakit ketika ditanam di musim hujan," kata Arif Firmanto usai Panen Raya Bawang Merah di Desa Basoka, Rubaru Rabu, 2 Maret 2022 lalu.


Baca Juga: 12 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan


Terbukti, bawang merah verietas Rubaru yang ditanam di musim hujan tahun ini berhasil. Dari total tanaman bawang merah seluas 52 hektare, hanya sekitar 5 hektare yang kena serangan hama di daerah Basoka Tengah.


"Alhamdulillah ini masih di atas ambang kewajaran, artinya masih kategori berhasil karena (tanaman) yang rusak tidak sampai 10 persen," jelas Arif Firmanto.


Keunggulan kedua, diungkap Arif Susanto. Camat Rubaru waktu itu yang kini menjadi Kepala DLH Sumenep menyatakan, bawang merah varietas Rubaru bisa ditanam di musim kemarau maupun musim hujan.


"Berbeda dengan di daerah lain seperti Probolinggo dan Brebes yang hanya bisa hidup di musim kemarau," ujar Arif Susanto.


Baca Juga: 3 Manfaat Bawang Merah untuk Wajah


Keunggulan ketiga, bawang merah varietas Rubaru aromanya lebih harum ketika digoreng. Selain itu, Arif Susanto menyebut teksturnya juga lebih kres-kres.


"Ke Bapak Bupati (Achmad Fauzi, red) saya sampaikan bahwa di Kecamatan Rubaru itu ada 'Segitiga Emas' kawasan agropolitan yaitu Desa Mandala, Karangnangka dan Basoka," ungkap Arif Susanto.


Itulah keunggulan bawang merah varietas Rubaru. Jika Anda tertarik menanam bawang merah dengan bibit, silakan datang ke kawasan agropolitan Rubaru. (Rfq)

TerPopuler