12 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan -->

12 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Jumat, 22 Juli 2022, 7:42 AM
loading...
12 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan
Bawang Merah. (Freepik.com)


E-KABARI.com - Bawang merah menjadi salah satu rempah yang kerap ditemukan dalam masakan. Bumbu masakan utama dunia satu ini memang tidak bisa lepas dari menu khas Indonesia.


Mengutip Wikipedia, bawang merah sebenarnya berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya. Tetapi kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, baik sub-tropis maupun tropis.


Indonesia adalah salah satu negara tropis yang membudidayakan bawang merah. Bahkan ada daerah di Indonesia yang punya bibit bawang merah khas seperti di Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep.


Namun, pada artikel ini tidak akan membahas bawang merah sebagai bumbu masakan. Karena ternyata, selain sebagai bumbu masakan, bawang merah memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.


Kandungan Bawang Merah


Bawang merah memiliki banyak kandungan dengan berbagai manfaat. Seperti dikutip Katadata.co.id dari E-Jurnal Widya Kesehatan Vol. 1 No. 1, beberapa kandungan gizi dalam bawang merah antara lain energi, air, karbohidrat, gula, serat, protein, lemak, asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal, asam lemak tak jenuh majemuk, vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, K, E,  dan asam folat.


Selain itu, bawang merah juga memiliki beberapa kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium/sodium, seng, dan selenium.


Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan


Banyaknya kandungan di dalam bawang merah membuat bumbu masakan satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mengutip alodokter.com, klikdokter.com, sehatq.com, dan gooddoctor.co.id, berikut beberapa manfaat bawang merah:


1. Memelihara kesehatan jantung


Nutrisi dalam bawang merah diketahui bisa mencegah penggumpalan darah dan mengurangi lemak atau kolesterol jahat. Selain itu, bawang merah memiliki kandungan allicin yang merupakan senyawa sulfur organik dengan kemampuan melebarkan pembuluh darah.


Dengan begitu, bawang merah memiliki kemampuan untuk melancarkan sirkulasi darah, memelihara kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit jantung.


2. Mencegah risiko diabetes


Manfaat bawang merah lainnya, yakni untuk menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan insulin di dalam tubuh. Alhasil, bawang merah menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi penderita diabetes tipe 2.


3. Mencegah efek buruk dari radikal bebas


Bawang merah memiliki kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, antioksidan pada bawang merah berpotensi menghambat penyakit degeneratif seperti alzheimer dan parkinson.


4. Memelihara fungsi ginjal


Bawang merah diketahui memiliki kemampuan menurunkan asam urat dan keratin di dalam tubuh. Dengan begitu fungsi ginjal bisa tetap terjaga. Namun, penelitian mengenai hal tersebut masih butuh pengembangan karena sejauh ini penelitian baru dilakukan dalam skala laboratorium.


5. Menyembuhkan alergi


Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya yaitu sebagai obat alergi seperti mata berair, hingga gatal pada kulit dan hidung. Bawang merah juga memiliki kandungan antioksidan berupa quercetin yang memiliki kemampuan seperti antihistamin yang bisa mengurangi gejala alergi.


6. Memperbaiki pencernaan


Bawang merah juga memiliki manfaat untuk memperbaiki proses pencernaan. Manfaat bawang merah untuk pencernaan dinilai efektif karena memiliki kandungan serat baik untuk pencernaan. Kandungan serat ini tersebut turut memperlancar proses buang air besar menjadi lebih teratur dan sistem pencernaan lebih terjaga.


7. Menjaga kepadatan tulang


Sebuah studi menjelaskan, mengonsumsi bawang setiap hari memiliki potensi meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang mengalami menopause. Dengan mengonsumsi bawang merah secara rutin, maka risiko patah tulang pinggul lebih kecil dibandingkan kelompok yang tidak pernah mengonsumsi bawang.


8. Meningkatkan sistem imun


Bawang merah memiliki kandungan polifenol yang berperan aktif sebagai antioksidan. Kandungan inilah yang membuat bawang merah mampu menjaga tubuh dari radikal bebas. Sehingga dengan mengonsumsi bawang merah secara rutin, daya tahan tubuh tetap tejaga dengan baik.


9. Memperbaiki pola tidur dan suasana hati


Manfaat bawang merah untuk kesehatan berikutnya yakni memperbaiki pola tidur dan suasana hati. Hal ini dikarenakan, bawang merah memiliki kandungan asam folat yang bisa mencegah terjadinya penumpukan homosistein. Senyawa inilah yang bisa menggangu produksi dopamin, serotonin, dan norepinephrine. Jika homosistein lebih terkontrol, maka pola tidur dan suasana hati akan lebih terjaga.


10. Mencegah obesitas


Ekstrak etil asetat pada bawang merah memiliki manfaat untuk menekan penumpukan lemak yang menyababkan obesitas. Bawang merah juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan metabolisme. Dengan demikian, berat badan akan lebih cepat turun dan kesehatan terjaga.


11. Menjaga kesehatan rambut


Kandungan sulfur yang ada dalam bawang merah bisa membantu meningkatkan kolagen, sehingga bisa memicu pertumbuhan rambut. Anda bisa menggunakan jus bawang merah ke kulit kepala, kemudian diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo dan air bersih.


12. Memelihara kesehatan mata


Bawang merah memiliki kandungan vitamin A yang bisa meningkatkan kesehatan mata. Kandungan vitamin A diketahui bisa mencegah beberapa gangguan penglihatan, seperti rabun senja hingga degenerasi makula. (*)


Penulis: Dara Sartika
Sumber: Katadata.co.id

TerPopuler