3 Manfaat Bawang Merah untuk Wajah -->

3 Manfaat Bawang Merah untuk Wajah

Sabtu, 23 Juli 2022, 7:00 AM
loading...
3 Manfaat Bawang Merah untuk Wajah
Ilustrasi manfaat bawang merah untuk wajah. (Lorealparisusa.com)


E-KABARI.com - Bawang merah ternyata tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bumbu masakan utama dunia satu ini  ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan cantik alami.


Manfaat bawang merah untuk wajah tentu tak lepas dari kandungan rempah yang tumbuh di daerah sub-tropis maupun tropis tersebut. Diantaranya vitamin A, C dan E, juga kandungan antiseptik.


Mengutip artikel Katadata.co.id seperti dilansir dari laman doktersehat.com, setidaknya ada tiga manfaat bawang merah untuk wajah sebagaimana berikut:


1. Membuat kulit lebih bercahaya


Banyak orang, khususnya wanita yang mendambakan kulit wajah sehat dan bercahaya. Namun, penggunaan produk perawatan dari bahan kimia ternyata bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Nah, cara aman untuk mengatasi kulit yang sudah terlanjur kusam, salah satunya dengan memanfaatkan bawang merah.


Bawang merah memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang bisa menjadikan kulit wajah lebih bercahaya. Bawang merah yang digunakan untuk mengatasi kulit kusam biasanya sudah dalam bentuk ekstrak, sehingga lebih mudah terserap ke dalam kulit.


2. Mencegah jerawat


Masalah pada kulit wajah selanjutnya yang sering muncul yaitu jerawat. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal mulai dari infeksi, produksi minyak berlebih, hingga kotoran seperti debu yang menempel di kulit wajah. Meskipun saat ini sudah banyak obat jerawat, namun tidak ada salahnya menggunakan bahan alami seperti bawang merah untuk menghilangkan gangguan ini.


Bawang merah dipercaya bisa meredakan jerawat yang meradang dengan cepat. Kandungan antiseptik pada bawang merah mampu membunuh bakteri, jamur dan virus, yang menyebabkan infeksi kulit, terutama saat sedang berjerawat.


3. Menghilangkan garis halus


Garis halus menjadi salah satu tanda kulit wajah mengalami penuaan dini. Biasanya, garis-garis halus ditemukan pada sudut wajah. Kondisi ini bagi sebagian orang tentu akan menggangu penampilan.


Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan bawang merah sebagai masker alami. Bawang memiliki kemampuan untuk melancarkan peredaran darah dan mendorong terbentuknya kolagen. Maka dari itu, penggunaan bawang merah juga menjadikan kulit lebih kencang. (*)


Penulis: Dara Sartika
Sumber: Katadata.co.id

TerPopuler