Bupati Fauzi Wongsojudo Kenalkan Kota Tua Kalianget Lewat Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep -->

Bupati Fauzi Wongsojudo Kenalkan Kota Tua Kalianget Lewat Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep

Sabtu, 28 Oktober 2023, 1:29 PM
loading...

Bupati Fauzi Wongsojudo Kenalkan Kota Tua Kalianget Lewat Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menerima Pataka Arya Wiraraja pada prosesi pelantikan Arya Wiraraja di Kota Tua Kalianget, Sabtu (28/10/2023). (Istimewa)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep melaksanakan Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget, Sabtu, 28 Oktober 2023.


Hal tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan selama pelaksanaan Prosesi Hari Jadi Sumenep dari tahun ke tahun.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menjelaskan, pihaknya sengaja melaksanakan prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget.


Tujuannya yaitu sebagai upaya mengenalkan Kota Tua Kalianget dan mengajak generasi saat ini agar tidak melupakan sejarah.


"Kecamatan Kalianget memiliki nilai sejarah. Kami sengaja melangsungkan prosesi ini di Kota Tua Kalianget karena dalam catatan sejarah merupakan satu-satunya Kota berkonsep modern di Madura," jelas Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.


Secara infrastruktur, penataan Kota Tua Kalianget, Sumenep sudah lebih modern dan maju dibandingkan kota lain di Madura, bahkan Nusantara, yang dibangun pada masa VOC sejak 1705 Masehi.


Sejarah mencatat, seiring waktu dalam kekuasaannya di Madura, VOC membangun berbagai sarana infrastruktur di Kecamatan Kalianget, seperti pelabuhan, benteng "Loji Kantang" dan benteng Kalimo'ok.


"Sejarah peninggalan Kota Tua Kalianget lainnya hingga saat ini antara lain, pos jaga kuno bergaya Eropa dan Belanda, gedung pembangkit listrik yang didirikan pada tahun 1914 dengan arsitektur yang juga cantik dan artistik, lokomotif dan lori yang dahulu seringkali dipakai untuk mengangkut garam dari ladang-ladang garam, pelabuhan tua, serta cerobong pabrik," tutur Bupati.


Pihaknya berharap, dengan digelarnya drama kolosal prosesi pelantikan Arya Wiraraja di Kota Tua Kalianget, masyarakat tidak melupakan perjalanan sejarah bahwa Kabupaten Sumenep, khususnya Kalianget memiliki "Masa Kejayaan".


Apalagi, kawasan Kota Tua Kalianget sudah remsi ditetapkan sebagai situs cagar budaya oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep sejak Mulai 2 Juli 2020 silam.


"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun harmoni menuju masa kejayaan dengan gotong royong memajukan Kabupaten Sumenep," ujar Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.


Prosesi pelantikan Arya Wiraraja sebagai adipati pada Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget disaksikan langsung oleh ribuan masyarakat.


Pada drama kolosal tersebut, Bupati Fauzi Wongsojudo menerima pataka Keraton Soengennep dari sosok Arya Wiraraja.


Masyarakat tampak antusias menyaksikan salah satu gelaran wajib dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Sumenep tersebut.


Selain itu, masyarakat yang hadir, juga dihibur dengan kirab budaya dan pertunjukan berbagai seni budaya, seperti tari kreasi, tari kolosal, topeng dalang, tari juwak, serta pawai 7 kereta kencana, jaran serek dan tong-tong serek. (Rfq)

TerPopuler