Ini Rangkaian Acara Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget -->

Ini Rangkaian Acara Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget

Sabtu, 28 Oktober 2023, 8:13 AM
loading...
Ini Rangkaian Acara Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget
Ini Rangkaian Acara Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget. (Ist/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berlangsung hari ini, Sabtu, 28 Oktober 2023 di Kota Tua Kalianget.


Prosesi Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai acara selain Drama Kolosal Prosesi Pelantikan Arya Wiraraja.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, drama kolosal Prosesi Pelantikan Arya Wiraraja sebagai Adipati Sumenep yang pertama menempati sajian utama menu acara hari ini.


Pasalnya, Hari Jadi Sumenep ditetapkan berdasarkan waktu Penasehat Kerajaan Singhasari bernama asli Banyak Wide itu dilantik sebagai Adipati Soengennep yang pertama oleh Kertanegara, Raja Singhasari.


"Berdirinya Kabupaten Sumenep tidak lepas dari peristiwa 754 tahun silam, saat diangkatnya Arya Wiraraja menjadi adipati pertama Kabupaten Sumenep pada tanggal 31 Oktober 1269," kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo kepada media, Selasa, 24 Oktober 2023 lalu.


Kabupaten Sumenep yang berdiri pada 1269 M adalah kerajaan, namun pada 1929 berubah menjadi kabupaten. Sampai saat ini tercatat mulai dari masa Arya Wiraraja telah dipimpin 35 raja dan 17 bupati.


"Yang jelas, prosesi pelantikan Arya Wiraraja ini ingin mencerminkan keagungan Kabupaten Sumenep, supaya para pemimpin penerusnya berkomitmen memajukan dan memakmurkan daerah dengan ikhlas," jelas Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.


Pertunjukan drama kolosal Prosesi Pelantikan Arya Wiraraja dijadwalkan berlangsung pada pukul 08.00 WIB, dengan melibatkan berbagai elemen untuk memeriahkan acaranya, mulai dari pelajar hingga masyarakat umum.


Namun, selain Prosesi Penobatan Arya Wiraraja sebagai sajian utama, acara tersebut juga dirangkai dengan 11 kegiatan lainnya di waktu yang sama.


Berikut rangakaian acara Prosesi Hari Jadi Ke-75 Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget, Sabtu, 28 Oktober 2023:


1. Santunan 754 Anak Yatim
2. Tari Kolosal
3. Prosesi Penobatan Arya Wiraraja
4. Dhammong Kreasi
5. Topeng Dalang
6. Saronen
7. Jaran Serek
8. Kirab 7 Desa
9. Kirab Masyarakat Umum
10. Tong-Tong Serek
11. 7 Kereta Kencana
12. Kirab OPD & Camat


Itulah rangkaian acara Prosesi Hari Jadi Ke-75 Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget, Sabtu, 28 Oktober 2023.


Jika kamu tak bisa hadir untuk menyaksikan Prosesi Hari Jadi Ke-75 Kabupaten Sumenep, jangan khawatir.


Berikut ada link nonton secara online yang sudah disediakan Pemerintah Daerah melalui kanal YouTube Kominfo Sumenep.


Klik LINK-nya di sini!


Jangan sampai ketinggalan! Bantu share ke sahabat dan kerabatmu ya! Biar ramai, biar bisa seru-seruan nonton bareng. (Rfq)

TerPopuler