Kominfo RI Berikan Penghargaan KIM Terproduktif se-Indonesia kepada KIM Batuputih -->

Kominfo RI Berikan Penghargaan KIM Terproduktif se-Indonesia kepada KIM Batuputih

Minggu, 29 Oktober 2023, 4:25 PM
loading...
KIM Batuputih Raih Penghargaan KIM Terproduktif se-Indonesia dari Kominfo RI
Akh. Fauzi, Ketua KIM Batuputih, Sumenep saat menerima penghargaan dari Dr. Hasyim Gautama selaku Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI. (Istimewa)


SURABAYA, E-KABARI.com – Kemenkominfo RI memberikan penghargaan pada KIM Batuputih, Kabupaten Sumenep sebagai KIM Terproduktif se-Indonesia di platform kim.id pada Sabtu, 28 Oktober 2023.


Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Batuputih, Sumenep menerima penghargaan bergengsi tingkat Nasional itu pada Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFest) tahun 2023.


Diketahui, penghargaan khusus KIM Terproduktif dengan postingan 182 Berita di tahun 2023 diberikan langsung oleh Dr. Hasyim Gautama selaku Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.


Kegiatan yang berlangsung di Alun-alun Kota Surabaya itu dihadiri oleh Dirjen IKP Kemenkominfo RI Usman Kasong didampingi Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Hasyim Gautama, Sekretaris Daerah Kota Surabaya Ikhsan dan jajaran Dinas Kominfo Provinsi Kabupaten/Kota peserta KIM Festival 2023, berikut pegiat/anggota KIM se-Indonesia.


Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Usman Kasong dalam sambutannya mengatakan, KIM Festival (KIMFest) 2023 yang digelar di Kota Surabaya merupakan apresiasi bagi pegiat KIM untuk pertama kalinya.


"Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemenkominfo RI bersama Dinas Kominfo Provinsi Kabupaten/Kota sebagai ajang menunjukkan kompetensi dan membangun jejaring lintas sesama KIM dari Kabupaten/ Kota seluruh provinsi di Indonesia," kata Usman, Sabtu, 28 Oktober 2023 kemarin.


Ia mengungkapkan, kualitas kompetisi yang disajikan dalam KIM Festival 2023 oleh setiap KIM sangat kompetitif. Sehingga, dewan juri dalam sidang menambahkan kriteria penilaian dalam Penghargaan Khusus yang meliputi KIM Adaptif, Inspiratif, Inovatif, Inspiratif dan Kreatif.


"Penghargaan khusus ini diharapkan bisa memotivasi KIM untuk terus melaju melanjutkan programnya dan terus berinovasi mengembangkan potensi kearifan lokal dan perekonomian masyarakat setempat. KIM lebih masif menyebarluaskan informasi publik terkait kebijakan program prioritas pemerintah kepada masyarakat," tegas Usman.


Pihaknya menambahkan, Kemenkominfo RI bersama Dinas Kominfo Provinsi, Kabupaten Kota harus berkomitmen bersama-sama untuk membina dan memberdayakan KIM.


Tujuannya, agar KIM terus bisa berkembang dan eksis di masyarakat sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung komunitas publik pemerintah kepada masyarakat di pedesaan maupun perkotaan.


"Bagi pemenang Lomba KIM Festival yang akan datang diharapkan bisa diberikan hadiah yang bermakna bagi KIM yang dibiayai oleh Kemenkominfo RI atau mengikuti program pelatihan pelatihan yang ada seperti Digital Talent Scholarship, apresiasi konkret dan bermakna untuk memajukan kompetensi seluruh Pegiat KIM di Indonesia," tandas Usman.


Sementara itu, Akh. Fauzi selaku Ketua KIM Batuputih, Sumenep menyampaikan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah men-support penuh adanya KIM di Kecamatan Batuputih, khususnya kepada keanggotaan KIM Batuputih dan pegiat KIM se-Kabupaten Sumenep.


"Alhamdulillah kami sampaikan. Yang jelas penghargaan ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami dan seluruh pegiat KIM se-Indonesia, khususnya di Kabupaten Sumenep untuk terus memberikan informasi positif kepada masyarakat," singkat Mahasiswa Pascasarjana Unisma tersebut.


Berikut data lengkap pemenang KIM Festival 2023 Kemenkominfo RI.


Pemenang Utama Lomba KIM Festival 2023:


- KIM Terbaik Bidang UMKM: KIM Kraton Kidul Kota Pekalongan Jateng
- KIM Terbaik Bidang Pariwisata: KIM Taman Kreatif Plipitan Kota Serang Banten
- KIM Terbaik Bidang Pertanian: KIM Taruna Jaya, Provinsi Jawa Barat
- KIM Terfavorit: KIM Provinsi Jawa Barat


Penghargaan Khusus KIM Festival 2023:


- KIM ADAPTIF: KIM Muara Badak Kaltim
- KIM INOVATIF: KIM Graha Asri Sulawesi Tenggara
- KIM INSPIRATIF: KIM Allewuang Sulawesi Barat
- KIM ASPIRATIF: KIM Paya Tumpi Baru Provinsi Aceh
- KIM KREATIF: KIM Pandan Arum Kota Madiun Jawa Timur


Penghargaan Khusus:


KIM Terproduktif di Platform kim.id:
KIM Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dengan Postingan 182 Berita di tahun 2023. (Lis/Rfq)

TerPopuler