BPRS Bhakti Sumekar Luncurkan Program Berani Simpel, Pelajar Wajib Tahu -->

BPRS Bhakti Sumekar Luncurkan Program Berani Simpel, Pelajar Wajib Tahu

Rabu, 11 Oktober 2023, 4:01 PM
loading...
BPRS Bhakti Sumekar Luncurkan Program Berani Simpel, Pelajar Wajib Tahu
Peluncuran program Berani Simpel BPRS Bhakti Sumekar oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, Rabu (11/10/2023). (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Bank BPRS Bhakti Sumekar (BBS) Kabupaten Sumenep meluncurkan program Berani Simpel (Bismillah Gerakan Melayani Simpanan Pelajar), Rabu, 11 Oktober 2023.


Peluncuran program Berani Simpel tersebut berlangsung di Ruang Rapat Graha Aria Wiraraja Lantai 2 Kantor Bupati Sumenep.


Direktur Utama BPRS Bhakti Sumekar Hairil Fajar mengatakan, Berani Simpel merupakan program yang digagas oleh Bupati Sumenep dengan tujuan mendorong gerakan satu rekening satu pelajar (Kejar).


"Melalui program Berani Simpel, pelajar dapat menabung paling sedikit Rp 1 ribu dari uang saku atau sisa uang jajan mereka," kata Hairil Fajar, Rabu, 11 Oktober 2023.


Untuk mengsukseskan program tersebut, BPRS Bhakti Sumekar akan hadir ke sekolah-sekolah. Mereka akan melakukan sosialisasi Berani Simpel kepada pelajar mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.


"Pembukaan tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) hanya dikenakan biaya Rp 5 ribu, tabungan ini akan dilayani di semua sekolah baik daratan atau kepulauan," jelas Fajar.


Dirut BPRS Bhakti Sumekar itu mengungkapkan, yang paling penting dari program Berani Simpel sebenarnya adalah adanya upaya dan keinginan untuk mendorong generasi muda, khususnya pelajar di Sumenep agar tidak konsumtif.


Pasalnya, tak sedikit para pelajar terutama tingkat SMA yang sudah gemar membeli sesuatu lewat E-commerce.


"Tujuannya cuma satu, bagaimana pelajar-pelajar kita memiliki keinginan untuk menabung. Budaya menabung harus kita dorong di era digitalisasi ini," ungkap Fajar.


Saat ini tantangan budaya konsumtif lebih berat dari zaman dulu. Menurut Fajar, itu karena cara belanja yang lebih mudah, dilakukan secara online melalui gadget.


"Kalau sekarang konsumtifnya lebih mudah karena ada di gadget, bisa beli online dan sebagainya. Ini yang pada akhirnya harus kita antisipasi, agar generasi muda kita tidak terlalu konsumtif, paling tidak dengan adanya Berani Simple ini mindset-nya terdorong untuk menabung," tuturnya.


BPRS Bhakti Sumekar meluncurkan program Berani Simpel berdasarkan sejumlah ketentuan, seperti Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung dan dalam rangka penguatan satu rekening satu pelajar.


Kemudian, mengacu pada POJK 03 Tahun 2023 tentang peningkatan inklusi keuangan di sektor jasa keuangan bagi konsumen dan masyarakat. Terakhir, Disposisi Bupati Sumenep Nomor 2476 tanggal 21 September tentang Program Berani Simpel.


Peresmian program Berani Simpel ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Bank BPRS Bhakti Sumekar, OJK, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep dan UPT Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Sumenep.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, program Berani Simpel merupakan langkah positif meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan pelajar dari tingkat SD hingga SMA.


Para pelajar memang perlu diedukasi tentang literasi keuangan supaya mereka bijak dalam mengelola keuangannya. Sehingga mereka tidak hanya berpola hidup konsumtif semata, namun juga memikirkan kehidupan masa depan lebih baik.


"Di era digital saat ini, manakala pelajar tidak memiliki kemampuan mengelola keuangan secara cerdas dan bijak tentu saja mudah terjerumus pada konsumerisme. Jadi  budaya menabung perlu terus didorong agar pelajar kita tidak menjadi generasi yang konsumtif," ujar Bupati Fauzi Wongsojudo.


Pemerintah Kabupaten Sumenep sangat mendukung program kreatif dan inovatif yang dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar, supaya keberadaannya sebagai salah satu BUMD berperan aktif dalam mengerahkan perekonomian daerah.


Karena itulah, program Berani Simpel menjadi salah satu cara untuk membangun kebiasan menabung dan investasi di kalangan pelajar di Sumenep.


"Gerakan ini merupakan salah satu ikhtiar atau antisipasi supaya generasi muda tidak terlalu konsumtif, namun mereka mempunyai kesadaran dan kemauan untuk menabung melalui rekening SimPel BPRS Bhakti Sumekar," pungkas Bupati Fauzi. (*/Rfq)

TerPopuler