SP2D Nilai Upaya Stakeholder Guluk-Guluk Remeh Temeh Cegah Peredaran Rokok Ilegal -->

SP2D Nilai Upaya Stakeholder Guluk-Guluk Remeh Temeh Cegah Peredaran Rokok Ilegal

Senin, 04 September 2023, 4:12 PM
loading...
SP2D Nilai Upaya Stakeholder Guluk-Guluk Remeh Temeh Cegah Peredaran Rokok Ilegal
Suasana audiensi SP2D dengan stakeholder Guluk-Guluk, Sumenep menyikapi maraknya peredaran rokok ilegal, Senin (4/9/2023). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Solidaritas Pemuda Peduli Desa (SP2D) menilai upaya  stakeholder Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep kurang serius dalam mencegah peredaran rokok ilegal.


Hal itu disampaikan Ketua Umum SP2D Sauqi Alambara ketika audiensi dengan stakeholder terkait di Kantor Kecamatan Guluk-Guluk, Senin, 4 September 2023.


Dalam audiensi itu, Camat Guluk-Guluk Muhammad Rais menyampaikan, pihaknya bersama Polsek dan Koramil bukan melakukan pencegahan peredaran rokok ilegal di Kecamatan Guluk-Guluk.


Namun, kegiatan mereka terbatas karena cenderung tidak punya wewenang untuk melakukan langkah pencegahan terkait maraknya peredaran rokok ilegal.


"Kami selaku camat hanya melakukan tindakan seperlunya dengan banner imbauan, face to face serta tindakan yang menurut kami perlu seperi mendatangi warung-warung dan tempat nongkrong untuk mensosialisasikan rokok ilegal. Kami pun sering terkendala dana dan koordinasi terkait sosialisasi dan tindakan pencegahan lainnya," jelas Muhammad Rais.


Menanggapi penuturan Camat Rais, Ketua Umum SP2D Sauqi Alambara mempertanyakan kinerja stakeholder di Kecamatan Guluk-Guluk dalam mencegah maraknya peredaran rokok ilegal.


Ia menganggap sejauh ini stakeholder di Kecamatan Guluk-Guluk hanya melakukan tindakan pencegahan rokok ilegal dengan cara yang remeh temeh.


"Kita bertanya-tanya kenapa langkah langkah Camat, Polsek dan Koramil hanya berhenti di warung dan banner saja, sedangkan pabrik rokok yang jelas-jelas memproduksi secara massif rokok ilegal mereka biarkan. Kenapa?" ujar Sauqi.


Karena itu, SP2D akan terus memantau sejauh mana pihak kecamatan dan stakeholder terkait terus berupaya mengontrol dan mengatasi peredaran rokok ilegal di wilayah Guluk-Guluk.


Sauqi menyatakan, audiensi itu hanya salah satu langkah preventif pemuda Guluk-Guluk demi menekan maraknya peredaran rokok ilegal bersama aparat terkait.


"Ini merupakan langkah awal teman-teman untuk bersinergi dengan stekholder terkait guna stelirisasi Kecamatan Guluk-Guluk dari peredaran rokok ilegal," kata Sauqi. (Lis/Rfq)

TerPopuler