Sumenep Punya Program UHC, Berobat ke Puskesmas Hanya Pakai KTP -->

Sumenep Punya Program UHC, Berobat ke Puskesmas Hanya Pakai KTP

Minggu, 13 November 2022, 2:17 PM
loading...
Program Universal Health Coverage (UHC)

Pemerintah Kabupaten Sumenep resmi memberlakukan program Universal Health Coverage (UHC) terhitung tanggal 7 November 2022 lalu. (Ist/Supel)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kini punya program Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Universal.


Pemerintah Daerah memberlakukan program Universal Health Coverage (UHC) terhitung mulai tanggal 7 November 2022 lalu.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi menjelaskan, program UHC merupakan salah satu sistem penjaminan kesehatan untuk memastikan semua penduduk Sumrnep mendapatkan layanan kesehatan dengan baik.


Dengan hadirnya layanan ini, masyarakat Sumenep bisa berobat ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).


"Masyarakat yang berobat bisa langsung datang ke Puskesmas hanya menyerahkan Kartu Tanda Penduduk untuk mendapatkan pelayanan," kata Bupati Achmad Fauzi, di acara Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Ahad, 13 November 2022.


Program UHC benar-benar menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk menjamin masyarakat mendapatkan layanan kesehatan dengan baik di Puskemas.


Karena itu, Bupati Achmad Fauzi meminta seluruh tenaga kesehatan (Nakes) memberikan pelayanan terbaik demi menyukseskan program itu.


"Peran tenaga kesehatan sangat strategis berkaitan dengan kesehatan fisik manusia sebagai modal utama pembangunan," ujarnya.


Bupati mengakui tenaga kesehatan baik dokter, perawat dan bidan dedikasi dan integritasnya merupakan kekuatan untuk bergotong royong dalam membangun sektor kesehatan. Setiap saat para Nakes senantiasa dibutuhkan oleh masyarakat.


"Untuk itu para tenaga kesehatan hendaknya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, supaya penerapan program UHC ini benar-benar dirasakan oleh orang sakit yang membutuhkan penanganan medis," tegas Bupati Achmad Fauzi. (Rfq)

TerPopuler