Pantas Raih Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Terbaik, Bupati Baddrut Tamam Punya Program Bangkitkan UMKM dan Koperasi -->

Pantas Raih Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Terbaik, Bupati Baddrut Tamam Punya Program Bangkitkan UMKM dan Koperasi

Jumat, 15 Juli 2022, 10:40 AM
loading...
Pantas Raih Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Terbaik, Bupati Baddrut Tamam Punya Program Bangkitkan UMKM dan Koperasi
Piala dan piagam penghargaan yang diterima Bupati Pamekasan H. Baddrut Taman, S.Psi dari Dekopin sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Terbaik di Kabupaten Pamekasan, Kamis (14/7/2022). (Foto for E-KABARI)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Bupati Pamekasan Baddrut Tamam rupanya memang pantas meraih penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Terbaik dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).


Sebabnya, orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan itu memang getol mengkampanyekan kebangkitan UMKM dan Koperasi.


Baddrut Tamam melakukan hal itu untuk peningkatan ekonomi masyarakat Pamekasan melalui beberapa terobosan program yang berpihak pada para pelaku usaha.


Salah satu program Bupati Baddrut Taman guna mendorong kebangkitan UMKM dan koperasi di Pamekasan adalah pinjaman lunak dengan bunga hanya nol persen.


Pemkab Pamekasan mengalokasikan dana mencapai Rp15 miliar untuk pinjaman lunak sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi para pelaku usaha mikro.


Menurut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan Arif Rachmansyah, pinjaman modal sebesar itu sejak 2019.


"Pengajuan pinjaman ini melalui dua dinas, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-Naker) serta Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan," kata Arif seperti dilansir Antara Jatim, Selasa, 7 Juni 2022 lalu.


Pemkab Pamekasan memberikan bantuan modal dengan bunga nol persen itu kepada masyarakat yang telah mengikuti program Wirausaha Baru (WUB). Tentu bagi mereka yang mau dan membutuhkan.


Sementara pinjaman untuk pelaku usaha lain, termasuk koperasi, bunga pinjamannya hanya 6 persen. Di samping itu, masih ada program lain yang mendorong pertumbuhan usaha mikro dan koperasi di Pamekasan.


Dekopin memberikan penghargaan Penggerak Koperasi Terbaik kepada tokoh yang dianggap berhasil menggerakkan koperasi dan perekonomian masyarakat secara umum melalui terobosannya yang out off the box.


Bupati Baddrut Tamam mendapatkan penghargaan tersebut atas dedikasi dan kontribusinya yang signifikan dalam menggerakkan koperasi di Pamekasan.


"Penghargaan ini saya persembahkan untuk masyarakat Pamekasan, kami bekerja untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui beberapa program yang kami lakukan," kata Baddrut Tamam usai menerima penghargaan pada peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-75 di Prime Plaza Hotel Sanur Bali, Kamis, 14 Juli 2022 kemarin.


Baddrut berharap penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi pegiat koperasi dan usaha secara umum di Pamekasan agar usahanya berdampak positif terhadap masyarakat sekitar. Sehingga, ekonomi masyarakat di daerahnya berkembang dan merata dari bawah berkeadilan.


"Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak, utamanya organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah bekerja keras meningkatkan ekonomi masyarakat. Program yang kami rancang tentu membutuhkan partisipasi masyarakat demi Pamekasan Hebat, Rajjha, Bhajra tor Parjugha," pungkasnya. (Ir/Rfq)

TerPopuler