Bupati Sumenep Resmikan Puskesmas Pembantu Pagerungan Besar Sapeken -->

Bupati Sumenep Resmikan Puskesmas Pembantu Pagerungan Besar Sapeken

Selasa, 28 Desember 2021, 7:03 PM
loading...
Puskesmas Pembantu Pagerungan Besar
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi meresmikan gedung Puskesmas Pembantu Pagerungan Besar di Kecamatan Sapeken, Selasa (28/12/2021). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Bupati Sumenep, Achmad Fauzi resmikan Puskesmas Pembantu Pagerungan Besar di Kecamatan Sapeken, Selasa (28/12/2021).


Puskesmas Pembantu (Pustu) Pagerungan Besar itu merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Sumenep meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya wilayah kepulauan.


“Pembangunan Puskesmas Pembantu itu sejatinya ingin menjawab kebutuhan masyarakat untuk memiliki bangunan layanan kesehatan yang representatif,” kata Bupati Achmad Fauzi, Selasa (28/12/2021).


Karena itu, Bupati meminta para tenaga medis harus meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat di Pulau Pagerungan Besar tersebut, supaya masyarakat merasa nyaman.


“Para tenaga medis hendaknya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal, supaya masyarakat yang berobat merasakan manfaat bangunan baru yang dibarengi dengan pelayanannya,” tegasnya.


Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, Pemerintah Daerah berkomitmen memperbaiki dan meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas sebagai pusat pelayanan dasar kesehatan masyarakat.


Makanya, Bupati berharap gedung Pustu Pagerungan Besar itu dijaga bersama-sama supaya tidak cepat rusak, karena keberadaannya milik bersama.


“Yang jelas, Puskesmas Pembantu untuk pelayanan kesehatan, jadi masyarakat juga harus menjaga dan merawatnya,” tandasnya.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono mengungkapkan, pihaknya merencanakan Puskesmas Pembantu Pangerungan Besar menjadi Puskesmas induk untuk melayani masyarakat di desa lainnya di Kecamatan Sapeken.


“Puskesmas pembantu Pangerungan Besar secara bertahap akan ditingkatkan sebagai Puskesmas induk untuk melayani masyarakat di desa lain seperti Pulau Sakala, Pangerungan Kecil dan Sepanjang serta pulau terdekat lain dengan Pustu itu,” terang Agus.


Pemkab Sumenep melalui Dinas Kesehatan menganggarkan dana pembangunan gedung Puskesmas Pembantu Pangerungan Besar, Sapeken itu senilai Rp 4,3 miliar.


Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep tahun 2021. (SK/Fiq)

TerPopuler