Resmi Terima Jabatan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Minta Dukungan Stakeholder dan Masyarakat -->


Resmi Terima Jabatan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Minta Dukungan Stakeholder dan Masyarakat

Minggu, 07 Maret 2021, 3:37 PM
loading...
Sertijab Bupati dan Wakil Bupati Sumenep
Sertijab dari Plh Bupati Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si kepada Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, S.H., M.H. disaksikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Ahad (7/03/2021). (Foto: Diskominfo for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Achmad Fauzi akhirnya resmi menerima jabatan Bupati Sumenep dari Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Rasiyadi selaku Plt Bupati.


Serah Terima Jabatan (Sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Sumenep dan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumenep ini berlangsung di Pendopo Agung Keraton, Ahad (7/03/2021).


Hadir dalam kegiatan Sertijab tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, para Pimpinan dan anggota DPRD Sumenep, jajaran Forkopimda Sumenep, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.


Prosesi Sertijab Bupati Achmad Fauzi dan Wakil Bupati Dewi Khalifah dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pelaksanaannya terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, karena saat ini masih wabah Covid-19.


Baca Juga: Achmad Fauzi-Dewi Khalifah Resmi Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Periode 2021-2024


Kegiatan diawali dengan Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir membuka Sidang Paripurna Serah Terima Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep.


Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan dan Serah Terima Jabatan dari Plh Bupati Sumenep, Edy Rasiyadi kepada Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.


Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang hadir dalam Sertijab Bupati dan Wakil Bupati Sumenep berharap tiga komoditas menjadi menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di Sumenep.


Ketiga komoditas yang dimaksud Gubernur Khofifah dalam sambutannya yakni bidang pertanian, kehutanan, dan perikanan.


“Akibat pandemi Covid-19 di Indonesia semua daerah termasuk Kabupaten Sumenep berdampak kepada kemiskinan yang bertambah, sehingga pemerintah daerah harus melakukan terobosan untuk pemulihan ekonomi guna menekan angka kemiskinan,” kata Khofifah, Ahad (7/03/2021) pagi.


Baca Juga: Resmi Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi-Dewi Khalifah Akan Langsung Kerja


Ia menyebut yang dialami Bupati Achmad Fauzi saat ini adalah proses transformasi kepemimpinan. Sebab, sebelumnya Fauzi merupakan Wakil Bupati dari mantan Bupati Sumenep Periode 2015-2020, KH A. Busyro Karim, yang tentu sudah mengetahui kondisi permasalahan dan segala potensinya.


“Data Kabupaten Sumenep dari sektor pertanian, kehutanan dan perikanan kontribusinya sebesar 39,93 persen, atau tumbuh 0,78 persen. Sedangkan sektor pertambangan dan penggalian sebesar 15.66 persen atau tumbuh 0,60 persen dan perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan motor berkontribusi 12.20 persen atau tumbuh 7,56 persen," tutur Khofifah.


Sementara, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, sejak dilantik menjadi Bupati dirinya terus melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan seluruh pihak terkait untuk melakukan terobosan.


Bahkan segera melaksanakan program pembangunan seperti padat karya agar berdampak positif kepada masyarakat.


“Program lainnya di antaranya sektor pertanian dilakukan secara kemitraan dari hulu ke hilir supaya ada kepastian tentang harga tertinggi dan terendah, dengan harapan harga jualnya tetap stabil,” paparnya.


Baca Juga: Visi-Misi dan Program Prioritas Achmad Fauzi-Dewi Khalifah Ini Wajib Diketahui Warga Sumenep


Untuk itulah, ia meminta dukungan dari semua stakeholder dan elemen masyarakat, termasuk para pimpinan dan anggota DPRD Sumenep, guna mewujudkan keberhasilan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Amanah yang diberikan kepada kami merupakan amanah yang berat. Karena itu, semua pihak sangat kami harapkan untuk berperan aktif mendukung pemerintah daerah dalam menjalankan tugas, supaya program pembangunan berjalan baik dan sukses,” harap politisi PDI Perjuangan itu. (RK/Fiq)

TerPopuler