Jelang HPN 2021, PIJP Gelar Silaturahmi dan Diskusi dengan Ketua PWI dan Humas Pemkab Pamekasan -->

Jelang HPN 2021, PIJP Gelar Silaturahmi dan Diskusi dengan Ketua PWI dan Humas Pemkab Pamekasan

Minggu, 31 Januari 2021, 9:28 PM
loading...
Paguyuban Insan Jurnalis Pamekasan
Silaturahmi dan Diskusi PIJP dengan Ketua PWI dan Humas Pemkab Pamekasan di wisata Water Park Sumekar (WPS) Sumenep, Ahad (31/01/2021). (Foto Ir/E-KABARI)

 

PAMEKASAN, E-KABARI.com - Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Paguyuban Insan Jurnalis Pamekasan (PIJP) gelar silaturahmi dan diskusi.


Silaturahmi dan diskusi bersama Ketua PWI Pamekasan dan Bagian Humas Protokol Pemerintah Kabupaten Pamekasan tersebut dilaksanakan Ahad (31/01/2021) pagi tadi.


Acara yang berlangsung di wisata Water Park Sumekar (WPS), Jl Asta Tinggi No 342 Desa Kasengan, Kecamatan Manding, Sumenep digelar guna memperingati HPN yang akan jatuh pada tanggal 9 Februari mendatang.


Dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Pamekasan Abdul Aziz mengatakan bahwasannya menjadi seorang wartawan merupakan sebuah penyambung bagi masyarakat, instansi, maupun lainnya.


Keakuratan data dan keseimbangan serta narasumber dalam berita menjadi sebuah tolik ukur bagi seorang wartawan dalam menyajikan sebuah berita kepada publik.


"Intinya 5W+1H yang digunakan, What, Where, When, Who, Why, and How," ucap Aziz.


Wartawan Antara itu menambahkan, Etika Jurnalistik merupakan keutamaan dalam penyajian suatu berita.


Seperti contoh kasus kriminal anak di bawah umur, seorang wartawan tidak boleh menyebutkan nama terang si tersangka.


"Itu menyalahi Kode Etik Jurnalistik dan Peradilan Anak," terang Aziz.


Selain itu, Aziz juga mengarahkan bagaimana nantinya di Hari Pers Nasional, para wartawan terutama yang tergabung dalam PIJP, bisa mengisinya dengan kegiatan positif serta bermanfaat untuk banyak orang.


"Mungkin kita bisa mengisinya dengan kegiatan sosial dan lainnya yang bermanfaat," saran wartawan senior di Pamekasan itu.


Sementara perwakilan dari Bagian Humas Protokol Pemkab Pamekasan, Ummi menambahkan jika seorang wartawan itu bisa bermitra dengan siapa saja.


"Kita bisa bermitra dengan sehat dan baik," ujar Ummi singkat.


Terakhir, Ketua PIJP Sujak Lukman mengucapkan terima kasih atas respon positif, saran, masukan, serta kepedulian dari Ketua PWI Pamekasan, Humas Protokol Pemkab Pamekasan dan pemilik WPS kepada seluruh anggota PIJP.


"Dengan adanya silaturahmi serta diskusi ini, semoga kita (wartawan) ke depannya bisa semakin baik, berkualitas, kredibel, serta profesional dalam menyajikan sebuah berita," harap Sujak. (Ir/Fiq)

TerPopuler