Pimpinan Umum LPM Retorika Launching Buku Kumpulan Esai -->


Pimpinan Umum LPM Retorika Launching Buku Kumpulan Esai

Rabu, 21 Oktober 2020, 3:13 AM
loading...

Launching Buku
Pimpinan Umum LPM Retorika, Moh. Busri menunjukkan buku kumpulan esainya yang baru terbit bulan Oktober 2020 ini. (Foto for E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Pimpinan Umum LPM Retorika STKIP PGRI Sumenep, Moh. Busri launching buku kumpulan esai pada Pelantikan dan Forum Grup Diskusi (FGD), Senin (19/10/2020) kemarin.


Buku berjudul "Titik Hitam di Pundak Mahasiswa" tersebut pertama kali diperkenalkan ke publik, karena memang baru terbit di bulan Oktober 2020 ini.


Menurut Busri, bukunya sengaja diluncurkan pada momen pelantikan pengurus LPM Retorika Periode 2020-2021 agar setidaknya para anggota dan calon anggota bisa lebih semangat dan tertantang konsisten menulis.


"Karena hanya dengan menulis kemerdekaan tidak bisa dipenjara, bak kematian sekalipun tidak mampu membunuhnya," ungkapnya pada E-KABARI.COM, Selasa (20/10/2020).


Ada sepuluh esai di dalam buku perdana Busri tersebut. Semuanya merupakan esai baru yang ditulis selama dua bulan pada Agustus sampai September 2020.


"Jadi, kemarin itu saya biasa nulis tiap minggu atau minimal dua minggu satu kali lalu dikirim ke media-media," ujar Busri.


Namun, pas parah-parahnya penyebaran virus Corona media-media sulit menerima esai. Sehingga, Busri mempunyai keinginan untuk mengumpulkan esainya jadi buku.


"Hasil tulisan saya selama dua bulan itu saya punya ide untuk menerbitkannya. Ya saya coba cari link untuk menerbitkan," tuturnya.


Singkat cerita, hasil komunikasi dengan salah satu dosennya, Busri menemukan penerbit di Banten. Sekaligus dia minta pengantar pada dosen Filsafat di STKIP PGRI Sumenep itu.


"Alhamdulillah berkat bantuan Bapak Dr. Salamet, M.Ag, dosen Filsafat di STKIP, buku saya bisa terbit. Beliau yang ngasih pengantar," ucap Busri, penuh syukur.


Untuk prolog bukunya, mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) tersebut meminta pada H. Abd. Kadir, pendiri LPM Retorika yang sekarang menjabat Kabid Pembinaan SD di Dinas Pendidikan Sumenep.


"Kemarin rencananya mau kasih buku simbolik ke penulis pengantar dan prolog. Berhubung hujan mereka gak bisa hadir, jadi cukup diperkenalkan saja," terang Busri.


Akhirnya, ia memperkenalkan bukunya itu secara singkat sebagai bentuk peluncuran. Esai-esai di dalamnya membahas peran dan tanggung jawab mahasiswa.


"Semoga lahirnya buku ini menjadi langkah awal saya untuk terus produktif menulis dan menerbitkan buku lagi," harap Busri. (RK/Fiq)

TerPopuler