Sikapi Covid-19, Pemuda Pamekasan Bagi-bagi Jamu Herbal Bareng GEMA -->


Sikapi Covid-19, Pemuda Pamekasan Bagi-bagi Jamu Herbal Bareng GEMA

Rabu, 18 Maret 2020, 7:26 PM
loading...
Sikapi Covid-19, Pemuda Pamekasan Bagi-bagi Jamu Herbal Bareng Gema
Sikapi Covid-19, Pemuda Pamekasan Bagi-bagi Jamu Herbal Bareng GEMA di Jl. Jokotole, Kecamatan Kota Pamekasan. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Menyikapi mewabahnya Covid-19 di beberapa negara yang sudah sampai ke Indonesia, pemuda Pamekasan bekerjasama dengan Gerakan Emansipasi Masyarakat (GEMA) melakukan aksi sosial bagi-bagi jamu herbal khas Pamekasan, Rabu (18/03/2020).

Puluhan pemuda itu membagikan sekitar 100 botol jamu secara gratis kepada masyarakat pengguna jalan raya di Jl Jokotole, Kecamatan Kota Pamekasan, mengingat jamu dengan bahan tertentu diklaim dapat meningkatkan imunitas tubuh guna menghadapi Covid-19.

Jamu herbal yang dibagikan pemuda Pamekasan bersama GEMA itu sendiri berupa racikan dari rempah-rempah seperti kunyit, temu lawak, beras kencur, dan bahan lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan mengatasi peradangan.
Luthfiadi, salah satu inisiator dari gerakan tersebut menyampaikan, dari hasil kekayaan alam Indonesia  khususnya Pamekasan, sebenarnya banyak yang bisa difungsikan sebagai ramuan herbal tanpa efek samping karena tidak menggunakan bahan kimia.

"Penyakit itu dari Tuhan dan yang bisa menyembuhkan hanya Tuhan. Kita sebagai manusia hanya bisa berdoa, usaha dan Ikhtiar, masalah takdir kita kembalikan sama Allah," tegasnya, Rabu (18/03/2020).

Karena itulah, kata Adi, sapaan akrabnya, bagi-bagi jamu gratis tersebut dilakukan sebagai salah satu usaha atau ikhtiar guna menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terjangkit virus hingga menyebabkan jatuh sakit.


"Untuk aksi pertama ini kita menyediakan 100 botol jamu herbal. Kita akan kembali melakukan aksi sosial yang serupa, termasuk nantinya akan sosialisasi hidup sehat menghadapi perubahan cuaca atau pancaroba 2020," terangnya.

Adi berharap sosialisasi hidup sehat yang dilakukan pihaknya dengan bagi-bagi jamu herbal gratis di jalan raya itu bisa menyentuh hati dan pikiran masyarakat, supaya tergerak hidup sehat dengan cara herbal.

"Semoga ini bermanfaat untuk masyarakat, dan semoga kita selamat dari Covid-19," pungkasnya. (Ir/Fiq)

TerPopuler