Peringati Maulid Nabi, MDS Rijalul Ansor Ranting Longos Hadirkan Ketua MDS RA Cabang Sumenep -->


Peringati Maulid Nabi, MDS Rijalul Ansor Ranting Longos Hadirkan Ketua MDS RA Cabang Sumenep

Sabtu, 16 November 2019, 9:21 PM
loading...
Peringati Maulid Nabi, MDS Rijalul Ansor Ranting Longos Hadirkan Ketua MDS RA Cabang Sumenep
Ustadz Qumri Rahman (pegang mik), Ketua MDS Rijalul Ansor PC GP Ansor Sumenep saat memberikan tausiyah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada kegiatan rutin MDS Rijalul Ansor PR GP Ansor Desa Longos, Kecamatan Gapura. (Foto IST/Dok. PR. GP Ansor Longos)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Kegiatan rutin Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda (PR GP) Ansor Desa Longos, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur di bulan ini tak biasa.

Pasalnya, acara bulanan pada Sabtu ketiga yang lumrahnya diisi dengan ngaji kitab, diskusi (tanya jawab), dan pembacaan Shalawat Nahdliyah itu, dikemas dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah.

Pertemuan masih ditempatkan di rumah pengurus/anggota yang punya giliran tanggapan di Sabtu (malam) ketiga bulan November ini. Hanya saja, pengurus PR GP Ansor Longos menghadirkan Ketua MDS Rijalul Ansor PC GP Ansor Sumenep untuk memberikan tausiyah.

Malam ini, Sabtu (16/11/2019) sesi ngaji kitab ba'da shalat Isya' berjamaah diganti dengan pembacaan Shalawat Nabi hingga qiyam. Setelah itu, barulah dilanjutkan dengan tausiyah Maulid dari Ketua MDS Rijalul Ansor Cabang Sumenep, Ustadz Qumri Rahman.

Dalam tausiyahnya yang singkat, Ustadz Qumri salah satunya menyampaikan bahwa cinta itu membutuhkan bukti. Jika tidak, maka hal itu akan menjadi sebuah gombalan semata.

"Nah, salah satu bukti cinta itu adalah ketika ada orang menyebut nama orang yang kita cintai, maka kita akan meresponnya," ujar dai muda asal Kecamatan Batuan itu.

Apa yang disampaikan Ustadz Qumri tersebut merupakan sebuah analogi tentang cinta pada Nabi Muhammad SAW. Salah satu bukti bahwa kita mencintai Nabi, kata dia, yaitu menjawab ketika ada yang menyebut namanya dalam shalawat.

"Ini hal paling mendasar selain memperingati kelahiran beliau seperti yang dilakukan MDS Rijalul Ansor Ranting Longos sekarang," tegasnya.

Ustadz Qumri pun mengapresiasi kegiatan rutin MDS Rijalul Ansor Ranting Longos, khususnya malam ini yang dikemas dengan Peringatan Maulid Nabi. MDS, kata dia merupakan inti kekuatan Gerakan Pemuda Ansor, karena di dalamnya berpadu antara dzikir dan shalawat.

"Semoga kegiatan MDS Rijalul Ansor Ranting Longos ini bisa dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan," harapnya.

Sementara itu, Ketua PR GP Ansor Longos, Maskiyanto mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua MDS Rijalul Ansor Cabang Sumenep. Baginya, itu memberikan suntikan motivasi tersendiri terhadap pengurus dan anggota Ansor di Desa Longos.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Ketua MDS Rijalul Ansor Cabang Sumenep, Ketua MDS Rijalul Ansor Kecamatan Gapura beserta perwakilan PAC GP Ansor Kecamatan Gapura," ungkapnya.

Maski berharap pengurus MDS maupun PAC GP Ansor Kecamatan Gapura ke depannya bisa menyempatkan waktu untuk hadir pada kegiatan rutin MDS Rijalul Ansor Ranting Longos. Karena menurut dia, hal itu penting dilakukan untuk memotivasi pengurus dan anggota Ansor di tingkat desa.

"Ya meskipun 3 bulan sekali misalnya. Jujur bagi kami yang di ranting ini kehadiran pengurus PAC Ansor dan MDS bisa memberikan motivasi untuk aktif di MDS," katanya.

Kegiatan yang berlangsung di kediaman Syukron Hafidzi di dekat Pelabuhan Bintaro tersebut kemudian ditutup dengan doa, dilanjutkan pembacaan Shalawat Nahdliyah di penghujung acara. Setelah itu, tinggal bincang-bincang santai sampai habis waktu kompolan pada pukul 21.00 WIB. (RK/Fiq)

TerPopuler