Meriahkan Festival Pesta Rakyat Kupatan 2019, Pemkab Sumenep Bagi-bagi 1000 Porsi Ketupat Urap -->


Meriahkan Festival Pesta Rakyat Kupatan 2019, Pemkab Sumenep Bagi-bagi 1000 Porsi Ketupat Urap

Rabu, 12 Juni 2019, 3:57 PM
loading...
Bupati Busyro Karim bersama jajaran Forkompinda Sumenep menikmati ketupat pada Pesta Rakyat dan Festival Ketupat 2019 di Pantai Slopeng
Bupati Busyro Karim bersama jajaran Forkompinda Sumenep menikmati ketupat pada Pesta Rakyat dan Festival Ketupat 2019 di Pantai Slopeng. (Foto MW/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Guna memeriahkan Pesta Rakyat dan Festival Ketupat 2019 di Pantai Slopeng, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur membagikan 1000 porsi ketupat urap gratis pada pengunjung, Rabu (12/06/2019).

Pesta Rakyat Kupatan dan Festival Ketupat itu digelar untuk mensukseskan Kunjungan Wisata Visit Sumenep 2019 setelah resmi dilaunching pada awal Maret lalu.

Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim ketika sambutan mengatakan, selain untuk mensukseskan Visit Sumenep 2019, kegiatan tersebut merupakan ikhtiar untuk menjaga dan mengembangkan tradisi masyarakat setiap Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk itu kegiatan semacam ini harus ditingkatkan tahun mendatang untuk mengajak masyarakat luar daerah datang ke Sumenep, agar memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Tahun ini, pihaknya melibatkan langsung warga, terutama yang berada di sekitar objek wisata Pantai Slopeng untuk menyiapkan kebutuhan ketupat dalam kegiatan tersebut.

“Pemerintah daerah bekerjasama dengan masyarakat guna pemberdayaan ekonomi di sekitar objek wisata untuk menyiapkan kebutuhan 1000 porsi ketupat urap yang diberikan gratis kepada pengunjung,” terang Bupati Busyro.

Ia menegaskan, setiap kegiatan Visit Sumenep akan melibatkan masyarakat secara langsung untuk memberikan semangat dan stimulan kepada warga sekitar agar terus mengembangkan usahanya.

Selain urusan ekonomi, dengan keikutsertaan masyarakat itu, diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan dan rasa gotong-royong dari seluruh lapisan masyarakat yang didukung rasa damai dan aman.

“Kita tidak bisa membangun daerah di segala bidang manakala hanya dilakukan pemerintah daerah semata, namun membutuhkan dukungan seluruh lapisan masyarakat di Kota Keris ini,” pungkasnya.

Sebelum sambutan, acara resmi kegiatan tersebut diawali dengan Tari Topa’ Lobar. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian ketupat urap secara simbolis kepada para pengunjung oleh Bupati Sumenep dan makan bersama jajaran Forkompimda.

Bupati Busyro Karim saat memberikan ketupat urap gratis kepada pengunjung Pesta Rakyat dan Festival Ketupat 2019 di Pantai Slopeng, Sumenep
Bupati Busyro Karim saat memberikan ketupat urap gratis kepada pengunjung Pesta Rakyat dan Festival Ketupat 2019 di Pantai Slopeng, Sumenep. (Foto MW/E-KABARI)

Saat pembagian ketupat, tidak sampai 30 menit, sebanyak 1000 paket ketupat urap diserbu pengunjung yang datang dengan menukarkan kupon yang sebelumnya dibagikan oleh panitia kepada mereka.

Ernawati, salah satu pengunjung asal Kecamatan Kalianget yang berlibur dengan suami beserta anaknya sangat gembira karena bisa mendapat makanan gratis dari Bupati Busyro secara langsung.

“Kami dan keluarga sangat senang, karena baru pertama kalinya ke Pantai Slopeng langsung mendapat makanan gratis dari Bupati, sekalian foto bareng,” kata Erna dengan muka berseri-seri.


Selain mendapatkan ketupat urap dan makanan gratis, pengunjung juga dihibur dengan sejumlah penampilan yang menarik. Mulai dari tari tradisional di pembuka acara, hingga musik gamelan, dan musik dangdut elektone. (S/S/Fiq)

TerPopuler