KPK Jadi Tuan Rumah Pertemuan ECAN Ke-6 -->

KPK Jadi Tuan Rumah Pertemuan ECAN Ke-6

Kamis, 22 Maret 2018, 10:22 AM
loading...
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah. [Foto Ist/detikcom]

E-KABARI.COM, JAKARTA - KPK menjadi tuan rumah Forum Economic Crime Agencies Network (ECAN) ke-6 di Bali. Kegiatan itu membahas pemberantasan korupsi di sektor korporasi.

"KPK menjadi tuan rumah pada pertemuan ECAN tahun ini yang dilaksanakan di Bali, Indonesia pada tanggal 20-22 Maret 2018. Tema yang diangkat 'Pemberantasan Korupsi di Sektor Korporasi'," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (21/3/2018) kemarin.

Menurut Febri, tujuan pertemuan tahunan itu disebut untuk membahas beberapa hal dalam mengatasi kejahatan ekonomi. Salah satunya, lanjut Febri, soal kerja sama tingkat operasional, baik itu tingkat mencegah, menyelidiki, dan mengadili.

Selain itu, ada pula soal sharing informasi dan intelijen, serta pengetahuan operasional dan praktik terbaik dalam kebijakan maupun penegakan hukum. Kemudian, Febri menyebut juga pembahasan untuk mengidentifikasi dan mendorong penegakan hukum yang efektif.

Tujuannya lainnya yaitu memfasilitasi kesempatan pengembangan profesional untuk staf, berbagi kebijakan dan inisiatif legislatif yang memungkinkan anggota untuk memerangi kejahatan ekonomi secara internasional, serta yang terakhir, mempromosikan dan mendorong partisipasi dan kerja sama yang lebih luas dengan organisasi penegakan kejahatan ekonomi lainnya.

"Tindak pidana korupsi, suap, dan fraud sebagai bentuk kejahatan ekonomi merupakan masalah sistemik yang saat ini dihadapi oleh berbagai negara. Oleh karenanya kerja sama di antara lembaga penegak hukum setiap negara mutlak diperlukan dalam rangka pemberantasan kejahatan ekonomi tersebut," tutur Febri.

"Salah satu bentuk kerja sama yang selama ini dilaksanakan adalah pertemuan di antara para anggota Economic Crime Agencies Network (ECAN)," imbuhnya.

Menurut Febri, mulanya ECAN merupakan forum pertemuan informal antara lembaga penegak hukum dari sejumlah negara. Forum ini kemudian disepakati pesertanya menjadi mekanisme formal sejak pertemuan di Auckland, New Zealand, pada Februari 2013.

Dalam perhelatan ECAN ke-6 saat ini, hadir perwakilan penegak hukum dari beberapa negara. Febri menyebut mereka berasal dari lembaga anggota ECAN, yang antara lain:

- Serious Fraud Office (SFO), United Kingdom
- City of London Police, United Kingdom
- Malaysian Anti-Corruption Commission (MACC), Malaysia
- European Anti-Fraud Office (OLAF) European Commission
- Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB), Singapore
- Federal Bureau of Investigation (FBI), USA
- Serious Fraud Office (SFO), New Zealand
- Independent Commission Against Corruption (ICAC), Hong Kong
- Australian Federal Police (AFP), Australia.

Sumber: detik.com

TerPopuler