Hapus Sirkuit 8 Ujian Praktik SIM C, Polres Padangsidimpuan Lakukan Test Sirkuit S -->

Hapus Sirkuit 8 Ujian Praktik SIM C, Polres Padangsidimpuan Lakukan Test Sirkuit S

Selasa, 08 Agustus 2023, 11:08 AM
loading...
Hapus Sirkuit 8 Ujian Praktik SIM C, Polres Padangsidimpuan Lakukan Test Sirkuit S
Tes Sirkuit S dalam ujian praktik SIM C pengganti angka 8 dan Zig-zag di Polres Padangsidimpuan, Senin (7/8/2023). (SB/E-KABARI)


PADANGSIDIMPUAN, E-KABARI.com –
Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan memimpin tes awal lewati Sirkuit S sebagai pengganti angka 8 dalam ujian praktik SIM C, Senin, 7 Agustus 2023.


Satlantas Polres Padangsidimpuan menghapus tes angka 8 dan Zig-zag dalam ujian praktik SIM C dan menggantinya dengan tes huruf S, menindaklanjuti perubahan yang dilakukan Korlantas Polri.


Perubahan tersebut mulai diberlakukan pada Jumat, 4 Agustus 2023 lalu di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Padangsidimpuan.


Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan melalui Kasatlantas AKP Junaidi didampingi Kanit Regident IPDA Yuda mengatakan, perubahan itu merupakan hasil evaluasi dari Korlantas Polri bahwa manuver angka 8 menyulitkan peserta ujian.


"Selain instruksi Korlantas Polri, perubahan lintasan ujian praktik SIM C adalah proaktif dari Polres Padangsidimpuan untuk terus meningkatkan kualitas ujian dan memastikan keselamatan seluruh peserta ujian," kata AKP Junaidi, Senin kemarin.


Dengan adanya perubahan lintasan dari angka 8 ke Sirkuit S, pihaknya berharap ujian praktik SIM akan lebih mudah dilakukan oleh peserta tanpa mengurangi tingkat kesulitan.


Tak hanya bentuk lintasan saja yang berubah, AKP Junaidi juga menyebutkan ada penambahan lebar sirkuit.


"Perubahan lebar sirkuit sesuai dengan instruksi Kakorlantas, mudah mudahan dengan perubahan lebar lintasan peserta ujian memiliki ruang yang lebih luas dan aman dalam menjalani ujian praktik," ujar Kasatlantas Polres Padangsidimpuan itu.


Menurut Junaidi, perluasan lebar lintasan dapat memberikan kesempatan lebih bagi peserta ujian untuk menunjukkan keterampilannya dalam berkendara.


Harapannya, tingkat kelulusan ujian praktik SIM C dapat meningkat, sekaligus menciptakan pengemudi yang lebih terampil dan bertanggung jawab di jalan raya.


"Perubahan bentuk lintasan ini sudah dikerjakan sampai rampung, sehingga hari ini lintasan ini sudah dapat digunakan bagi peserta ujian praktik SIM C, khususnya di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan," pungkas Junaidi. (SB/Rfq)

TerPopuler