Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sumenep Terus Meningkat, Kepala Disbudporapar: Berkat Promosi Pak Bupati -->

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sumenep Terus Meningkat, Kepala Disbudporapar: Berkat Promosi Pak Bupati

Jumat, 25 Agustus 2023, 4:14 PM
loading...
Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sumenep Terus Meningkat, Kepala Disbudporapar: Berkat Promosi Pak Bupati
Kepala Disbudporapar Sumenep Mohamad Iksan saat menyambut wisatawan mancanegara di depan Pendopo Agung Keraton Sumenep, Jumat (25/8/2023). (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Kunjungan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Sumenep terus meningkat pasca dibukanya keran pelesir tahun 2022 lalu.


Terbukti, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumenep terus meningkat dan menunjukkan progres yang cukup signifikan di tahun 2023 ini.


Hingga bulan Agustus, jumlah turis yang berkunjung ke Kota Keris hampir 300. Sebanyak 116 diantaranya datang pada Mare 2023 lalu dari AS dan Australia.


Terkini, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Mohamad Iksan mengungkapkan, ada sebanyak 125 wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Kota Keris.


"Ada 125 turis, mereka berasal dari 10 Negara, mulai USA, Australia, Singapore dan sejumlah negara dari daratan Eropa," kata Mohamad Iksan, di sela penyambutan kunjungan wisman di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Jumat, 25 Agustus 2023.


Tentu, para turis itu datang ke Sumenep karena tertarik dengan berbagai potensi pariwisata, baik alam, seni budaya maupun kuliner lokal yang luar biasa.


Iksan menyebutkan ada sejumlah destinasi wisata di Sumenep yang gemar dikunjungi wisatawan mancanegara. Diantaranya Museum Keraton, Pantai Lombang, Gili Labak dan Pantai Sembilan.


"Selain destinasi wisata, para turis juga sangat antusias menikmati kuliner khas Sumenep, melihat benda pusaka seperti keris, tak sedikit dari mereka yang membeli souvenir batik, dan odheng," ungkapnya.


Iksan menilai, kunjungan wisatawan mancanegara yang terus meningkat tak lepas dari gencarnya promosi wisata oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep.


Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo sangat konsern menggerakkan seluruh stakeholder untuk menarik kunjungan wisatawan ke Sumenep, khususnya melalui berbagai event seperti Madura Culture Festival 2023.


"Semua ini tentu berkat peran (promosi) Bapak Bupati, Sumenep ramah bagi para turis. Ayo ke Sumenep!" ajak Iksan.


Kepala Disbudporapar Sumenep itu berharap, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ikut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.


Sebab, itu menjadi salah satu target Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo melakukan upaya untuk menarik wisatawan mancanegara ke Sumenep.


"Mudah-mudahan juga berefek pada pertumbuhan ekonomi Sumenep, para pelaku UMKM kita semakin hidup, masyarakat sejahtera," harap Iksan.


Selaras dengan Iksan, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, kunjungan ratusan wisatawan mancanegara ke Sumenep bukan hanya terpukau dengan dengan pesona destinasi wisata Kota Keris.


Event Madura Culture Festival 2023 juga menjadi alasan mereka pelesir ke Sumenep, yang menunjukkan keberhasilan promosi potensi pariwisata Sumenep.


"Kehadiran para wisatawan mancanegara, kebanyakan dari Eropa, bukan hanya untuk menyaksikan keindahan dan pesona Sumenep. Mereka juga berkunjung untuk menyaksikan Madura Culture Festival," ujar Bupati Fauzi Wongsojudo. (*/Rfq)

TerPopuler