6 Wisata Pulau Kecil di Sumenep Ini Sangat Cantik, Seperti Surga Tersembunyi -->

6 Wisata Pulau Kecil di Sumenep Ini Sangat Cantik, Seperti Surga Tersembunyi

Sabtu, 10 Desember 2022, 9:30 AM
loading...
6 Wisata Pulau Kecil di Sumenep Ini Sangat Cantik, Seperti Surga Tersembunyi
Lokasi spot sunrise di Pantai Kahuripan, Pulau Gili Genting, Sumenep. (Istimewa)


SUMENEP, E-KABARI.com - Sebagai kabupaten kepulauan, Sumenep memiliki banyak pulau kecil yang sangat cantik. Bahkan, beberapa diantaranya menjadi destinasi wisata yang mendunia.


Maka ketika menjelang akhir pekan, termasuk akhir tahun, kamu tak perlu bingung mau liburan kemana. Beberapa pulau kecil di Sumenep sangat cocok jadi tujuan wisata.


Destinasi wisata di Sumenep yang bisa menjadi tempat liburan dan piknik bersama keluarga memang sangat banyak. Apalagi bagi masyarakat lokal, tidak usah jauh jauh untuk liburan ke luar kota.


Sementara bagi wisatawan luar, baik luar kota maupun luar negeri, jika ke Sumenep, kamu wajib mengunjungi beberapa pulau kecil yang sangat cantik dan indah ini.


Apa saja pulau kecil di Sumenep yang sngat cantik seperti surga tersembunyi?


Berikut 6 wisata pulau kecil di Sumenep yang sangat cantik dan cocok jadi tujuan liburan akhir tahun atau akhir tahun.


1. Pulau Giliyang


Pulau Giliyang
Pulau Giliyang, Dungkek. (Istimewa)

Berlokasi di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Giliyang merupakan pulau kecil yang menawarkan udara tersehat di dunia. Pulau Giliyang memiliki udara dengan kadar oksigen tertinggi  kedua di dunia.


Wisata Sumenep ini juga memiliki pantai pasir putih yang bersih dan tenang. Kamu dapat melakukan snorkeling ataupun berenang di pantainya. Termasuk jangan ketinggalan untuk menikmati sunset di sore hari.


Untuk ke Pulau Giliyang, kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 30,7 km dari pusat Kota Sumenep ke Pelabuhan Dungkek. Dari situ kemudian naik perahu menuju pulau itu.


2. Pulau Gili Genting


Pantai Sembilan, Pulau Gili Genting
Pantai Sembilan, salah satu wisata pantai di Pulau Gili Genting. (Foto Dok. BUMDes Serunai Jingga)

Kali ini sesuai namanya, pulau ini berlokasi di Kecamatan Giligenting, Sumenep. Pulau Gili Genting menawarkan daya tarik utama berupa pantai yang sangat bersih juga alami.


Ada dua wisata pantai di Pulau Gili Genting. Yakni Pantai Kahuripan di Desa Gedugan dan Pantai Sembilan di Desa Bringsang.


Pantai itu memiliki fasilitas yang sangat banyak, misalnya ATV, banana boat, juga bisa melakukan camping di sekitar pantai.


Kondisi pantainya masih asri dan alami. Cocok pula bagi kamu yang ingin menikmati sunrise di pagi hari sekaligus sunset di sore hari.


Untuk menuju pantai tersebut, wisatawan harus menggunakan akses penyeberangan melalui jalur laut dari Pelabuhan Tanjung, Saronggi atau Pelabuhan Pagar Batu, Bluto.


Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai 45 menit menggunakan perahu motor kecil  dengan biaya sewa sekitar Rp15 ribu per penumpang, dengan tambahan Rp10 ribu jika ada motor sebagai barang bawaan.


Setelah sampai di pelabuhan, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang kendaraan roda dua (ojek) atau berjalan kaki jika wisatawan lebih ingin mengeksplorasi keindahan Pulau Gili Genting.


3. Pulau Gili Labak


Gili Labak
Pulau Gili Labak, Talango. (Instagram @aditgililabak.madura)

Kehebatan Gili Labak yakni memiliki pantai yang bebas polusi. Air lautnya juga berwarna jernih juga bening kebiru-biruan.


Bagi yang ingin melakukan snorkeling, kamu dapat melihat areal terumbu karang yang sangat cantik di bawah laut.


Biaya sewa perahu ke pulau kecil yang masuk wilayah Kecamatan Talango itu sekitar Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu.


4. Pulau Sapeken


Pulau Sapeken
Pulau Sapeken. (Instagram @mpik_fitra)

Pulau Sapeken ialah salah satu pulau terluar yang ada di Sumenep, Madura. Karena letaknya yang berada di ujung sebelah timur, maka waktu yang dapat ditempuh untuk sampai ke pulau ini tergolong cukup lama.


Meskipun demikian, kamu tidak akan bosan ketika perjalanannya, karena selama perjalanan, panorama alam yang disajikan akan memukau para pengunjung.


Secara administrasi, Pulau Sapeken terletak di Desa Sapeken, Kecamatan Sapeken, Sumenep. Sebagai ibukota kecamatan yang terdiri dari beberapa pulau, Pulau Sapeken memiliki luas yang relatif kecil.


5. Pulau Mamburit


Pulau Mamburit
Pulau Mamburit, Kangean. (Istimewa)

Apakah kamu warga Jawa Timur dan ingin mengunjungi Lombok? Kali ini, kamu tak perlu khawatir, karena Sumenep juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah dengan Lombok ataupun Bunaken.


Pulau Mamburit namanya. Mamburit adalah satu pulau yang berada dalam kawasan Kepulauan Kangean, Sumenep.


Hamparan pasir putih juga air lautnya yang sangat jernih, termasuk terumbu karang yang begitu asri cocok bagi kamu yang ingin melakukan diving atau snorkeling.


Sebagaimana ke Pulau Sapeken, waktu yang dapat ditempuh untuk sampai ke pulau Mamburit, Kangean tergolong cukup lama.


6. Pulau Gili Bidadari


Pulau Gili Bidadari
Pulau Gili Bidadari. (Instagram @amos_pls)

Gili Bidadari merupakan pulau kecil yang berada di sebelah barat Gili Raja, Kecamatan Giligenting. Masyarakat sekitar menyebut pulau ini dengan nama Gili Gilingan.


Pulau Gili Bidadari cukup kecil dan hanya dihuni beberapa kepala keluarga. Penyebutan Gili Bidadari konon karena jumlah penghuni pulau itu didominasi oleh perempuan.


Gili Bidadari memiliki hamparan pantai pasir putih dengan air yang sangat jernih. Di situ pengunjung juga bisa menyaksikan aktivitas warga yang melaut dan mengolah ikan teri. (*)


Penulis: Ndry_Sya
Sumber: Berbagai Sumber
Editor: Rafiqi

TerPopuler