Musim Tanam, Pemkab Sumenep Bagikan Bantuan Pupuk dan Bibit Gratis -->

Musim Tanam, Pemkab Sumenep Bagikan Bantuan Pupuk dan Bibit Gratis

Sabtu, 26 November 2022, 1:29 PM
loading...
Musim Tanam, Pemkab Sumenep Bagikan Bantuan Pupuk dan Bibit Gratis
Ilustrasi bantuan pupuk dan bibit gratis. (Istimewa)


SUMENEP, E-KABARI.com - Memasuki musim tanam, Pemerintah Daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep membagikan bantuan pupuk dan bibit pertanian gratis bagi petani.


Pemerintah Kabupaten Sumenep bagikan bantuan pupuk dan bibit gratis itu sebagai upaya memantapkan dan meningkatkan ketahanan pangan di Kota Keris.


"Kami memprogramkan bantuan pupuk dan bibit gratis sebagai bentuk kepedulian Pemerintah kepada para petani dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sumenep," kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Sabtu, 26 November 2022.


Dana bantuan pupuk dan bibit pertanian gratis itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep 2022. Pemerintah Daerah berencana menyalurkannya kepada petani di sejumlah kecamatan mulai akhir November ini.


"Bantuan pupuk dan bibit ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani, mengingat dengan adanya bantuan ini bisa mengurangi biaya produksi petani, sehingga mampu menambah penghasilannya di musim panen," jelas Bupati Achmad Fauzi.


Yang jelas, lanjut dia, Pemkab Sumenep kembali memberikan bantuan pupuk dan bibit pertanian gratis, tak lain untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Langkah itu akan terus dilakukan pihaknya sebagai bentuk kepedulian pada petani.


"Sebelumnya kami juga membantu pupuk gratis kepada petani," pungkas Bupati.


Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep Arif Firmanto mengungkapkan, pihaknya membagikan pupuk dan bibit pertanian gratis tahap pertama kepada petani di lima kecamatan, baik daratan maupun kepulauan.


Kelima kecamatan yang petaninya mendapatkan bantuan pupuk dan bibit pertanian gratis tahap pertama itu yakni Kecamatan Arjasa, Batang-batang, Pragaan, Lenteng dan Kecamatan Sapeken.


"Bantuan pupuk dan bibit pertanian gratis yang dialokasikan di APBD 2022 dengan jumlah total sebanyak 47 ton diberikan kepada sejumlah petani yang kelompok taninya sudah terdatabase di Simluhtan," jelas Arif Firmanto, Sabtu, 26 November 2022.


Untuk penyaluran bantuan tahap kedua, kata Arif berupa pupuk saja. Sedangkan tahap ketiga bantuan berupa bibit jagung dan pupuk menyusul pada musim tanam tahun ini.


"Karena itu, kami berharap para petani yang sudah menerima bantuan pupuk gratis hendaknya memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya," harap Arif Firmanto. (Rfq)

TerPopuler