Polres Sumenep Berupaya Perbaiki Citra Polisi Galak -->

Polres Sumenep Berupaya Perbaiki Citra Polisi Galak

Jumat, 30 September 2022, 11:35 AM
loading...
Polres Sumenep Berupaya Perbaiki Citra Polisi Galak
Salah satu anggota Satlantas Polres Sumenep saat mengenalkan rambu-rambu lintas pada anak-anak PAUD Al-Qur'an Al-Qadar Sumenep, Jumat (30/9/2022). (Foto Dok. Humas Polres Sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Polres Sumenep tengah berupaya perbaiki citra polisi galak dengan menggelar kegiatan Polisi Sahabat Anak, Jumat, 30 September 2022.


Kegiatan Polisi Sahabat Anak sangat penting untuk meningkatkan citra Polisi yang bersahabat, termasuk untuk menumbuhkan kesadaran hukum sedini mungkin.


Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S mengungkapkan, polisi merupakan alat Negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum serta memberi perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat.


Namun, kehadiran polisi di tengah masyarakat sering digambarkan sebagai sosok yang galak, ditakuti, bahkan "mata duitan".


Untuk mengubah pandangan tersebut, Polri senantiasa berusaha memperbaiki citranya, salah satunya melalui pendekatan kepada anak-anak. Memperkenalkan polisi yang ramah dan bersahabat dilakukan dengan mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan murid-murid PAUD dan TK.


"Kegiatan Polisi Sahabat Anak selain untuk menanamkan rasa bangga anak-anak kepada Kepolisian, juga menanamkan kedisiplinan dan kesadaran hukum sejak dini," kata AKP Widiarti S, Jumat, 30 September 2022.


Pagi ini, Polres Sumenep gelar program Polisi Sahabat Anak bersama PAUD Al-Qur'an Al-Qadar Sumenep. Program tersebut merupakan upaya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya anak-anak.


Hal-hal yang disampaikan dalam kegiatan antara lain pengenalan rambu-rambu lalulintas dengan menggenalkan helm.


"Harapan kami, anak-anak juga bisa mengingatkan orang tuanya saat dibonceng motor ke sekolah untuk selalu menggenakan helm demi keselamatan," jelas AKP Widiarti.


Selain itu, program Polisi Sahabat Anak juga mengajarkan anak-anak untuk peduli lingkungan, yakni dengan menumbuhkan kepekaan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.


"Hal-hal kecil ini jika dilaksanakan terus menerus dalam kehidupan sehari-hari mereka akan memberikan manfaat yang besar yakni mencegah terjadinya banjir akibat sampah yang menutupi saluran air," tandas Widi.


Sementara Kepala PAUD Al-Qur'an Al-Qadar Sumenep, Ariyani Merawati menyampaikan, anak-anak didiknya terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan interaktif yang dipandu oleh Satlantas Polres Sumenep.


"Alhamdulillah, anak-anak kami sangat antusias mengikuti kegiatan Polisi Sahabat Anak yang dilaksanakan oleh Polres Sumenep," ujar Ariyani Merawati. (Rsd/Rfq)

TerPopuler