Pendaftaran MONACO 2022 Resmi Dibuka -->

Pendaftaran MONACO 2022 Resmi Dibuka

Kamis, 11 Agustus 2022, 3:28 PM
loading...
Moehi National Competition
Pendaftaran MONACO atau Moehi National Competition tahun 2022 resmi dibuka. (Foto for E-KABARI)


YOGYAKARTA, E-KABARI.com - Pendaftaran kompetisi pelajar Indonesia MONACO atau Moehi National Competition tahun 2022 resmi dibuka, Rabu, 10 Agustus 2022 kemarin.


Kali ini, kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta itu merupakan tahun yang ke-7.


Ketua Tim Guru Pendamping MONACO, Hadiid Sulaiman menjelaskan, MONACO merupakan serangkaian lomba yang ditujukan kepada siswa/i tingkat SMP dan SMA sederajat dari seluruh penjuru Indonesia.


Pihaknya berharap MONACO 2022 bisa menjadi ajang dan wadah bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk mencapai titik kejayaannya sebagai seorang generasi muda sekaligus generasi penerus bangsa.


"Pada tahun 2021 lalu MONACO berhasil mengadakan berbagai macam lomba dengan total 1700 peserta jenjang SMP/SMA sederajat dari seluruh Indonesia," jelas Hadiid.


Tahun ini MONACO diselenggarkan dengan gabungan konsep online-offline dan tema 'Embrace The Magic of Infinity'.


Dengan 17 cabang lomba, penyelenggara menargetkan MONACO 2022 diikuti minimal 1200 pelajar dari seluruh Indonesia.


"Pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 Agustus 2022 – 25 September 2022. Lomba akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022," papar Hadiid Sulaiman.


Berbagai lomba MONACO 2022 diantaranya adalah Olimpiade Matematika, dai muda, story telling, Debat Bahasa Indonesia, Olimpiade IPS, fotografi, Olimpiade IPA, speech contest, Qiroah, saritilawah, short movie, story telling, tapak suci tunggal dan beregu, MLBB, basket, kompetisi band dan lomba cipta puisi.


Lomba tersebut memperebutkan hadiah jutaan rupiah dan tropi bergilir dari Kemendikbudristek RI, Kemenpora RI dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.


Kepala SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta H Herynugroho mengungkapkan, untuk menyiapkan SDM yang unggul di era industri 4.0, SMA Muhi telah memberikan wadah kompetisi yang positif bagi para pelajar untuk berkarya dan meraih prestasi.


"Adanya MONACO ini juga dapat sebagai wadah untuk menguatkan tali silaturrahim dan  membiasakan tradisi kompetisi bagi para pelajar Indonesia," papar Herynugroho.


Kepala SMA Muhi itu juga menyampaikan bahwa kompetisi MONACO 2022 yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah akan sangat bermanfaat untuk seorang pelajar.


Craig Dike, seorang ahli psikolog klinis di Doctor on Demand San Francisco USA menyatakan, sebuah kompetisi dapat mendorong segala spesies untuk bisa bertahan hidup, dan kondisi tersebut akan mendorong evolusi secara biologis dan psikologis pada spesies tersebut.


"Kompetisi memang sangat diperlukan di dalam hidup agar kita terus maju ke depan menciptakan berbagai inovasi yang menakjubkan. Kompetisi juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan produktivitas kita dalam belajar. Terakhir, kompetisi juga melatih kita untuk memiliki jiwa sportivitas dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi," pungkas Herynugroho.


Bagi calon peserta lomba MONACO 2022 bisa membaca petunjuk teknis dan mendaftarkan diri secara online melalui https://monaco.smumuhi-yog.sch.id.


Sedangkan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, peserta bisa menghubungi 088983875341 (Zahira Pramudita) atau 085714930659 (Abdurrahman Nabil Hasan).


Panitia MONACO 2022 juga menerima berbagai macam bentuk kerja sama dan media partner untuk mendukung kesuksesan acara tersebut. (Ril/Yus/Rfq)

TerPopuler