DKPP Pamekasan Gandeng Pemdes Tlanakan Lakukan Vaksinasi PMK -->

DKPP Pamekasan Gandeng Pemdes Tlanakan Lakukan Vaksinasi PMK

Senin, 01 Agustus 2022, 3:45 PM
loading...
DKPP Pamekasan Gandeng Pemdes Tlanakan Lakukan Vaksinasi PMK
Vaksinasi PMK terhadap hewan ternak sapi di Desa Tlanakan, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Senin (1/8/2022). (Foto Ir/E-KABARI)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Pamekasan bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Tlanakan melakukan Vaksinasi PMK, Senin, 1 Juli 2022 pagi.


DKPP Pamekasan melaksanakan vaksinasi tersebut guna pencegahan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan.


Vaksinasi PMK tahap kedua dosis 1 dan 2 itu diberikan kepada 100 sapi milik warga Desa Tlanakan, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.


Dokter Hewan dari DKPP Pamekasan, Desi mengatakan, giat penyuntikan vaksinasi PMK tahap kesatu vaksinasi 1 dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah PMK dan meningkatkan kekebalan pada sapi.


Sedangkan untuk vaksinasi tahap kedua, diberikan kepada sapi yang sudah dilakukan vaksinasi tahap kesatu sebelumnya.


"Untuk vaksinasi dosis kedua diberikan dengan jarak waktu satu bulan setelah diberikan vaksinasi dosis pertama, dan saat ini ada sebanyak 60 ekor sapi betina dan 40 ekor sapi jantan yang divaksin," terang Desi kepada seusai melakukan vaksinasi.


Sementara Kepala Desa Tlanakan H. Kali mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pamekasan melalui DKPP, yang telah peduli kepada para peternak di desanya.


"Dengan memberikan vaksin PMK secara gratis, para peternak merasa sangat terbantu. Rasa ketakutan yang melanda mereka selama ini hilang dengan dilaksanakannya vaksinasi bagi sapi-sapi mereka," ujar H. Kali.


Kegiatan vaksinasi untuk hewan itu, didampingi oleh Paramedik Veteriner Keswan sebanyak 3 orang yakni Rosi Hidayat, Hasin, dan Candra, Babinsa Tlanakan Sertu Sukirman, Bhabinkamtibmas Tlanakan Aipda Hendriko serta Kadus Mandala Desa Tlanakan Maulana Maliq Ibrahim. (Ir/Rfq)

TerPopuler