Presiden Jokowi Pastikan Tak Ada Penundaan Pemilu, Tetap 2024 -->

Presiden Jokowi Pastikan Tak Ada Penundaan Pemilu, Tetap 2024

Senin, 11 April 2022, 1:48 PM
loading...
Presiden Jokowi Pastikan Tak Ada Penundaan Pemilu, Tetap 2024
Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas yang membahas tentang persiapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 bersama jajarannya di Istana Kepresidenan Bogor, Ahad (10/4/2022). (Instagram @sekretariat.kabinet)


BOGOR, E-KABARI.com - Presiden Joko Widodo memastikan tak ada penundaan Pemilu yang sudah ditetapkan akan dilaksankaan pada tanggal 14 Februari 2024.


Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas yang membahas tentang persiapan pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 bersama jajarannya di Istana Kepresidenan Bogor, Ahad, 10 April 2022.


Presiden meminta jajarannya menyampaikan kepada publik bahwa jadwal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak sudah ditetapkan agar tidak muncul isu lain seperti adanya upaya penundaan Pemilu di masyarakat.


"Saya kira sudah jelas semuanya sudah tahu bahwa Pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Ini perlu dijelaskan jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan Pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan Presiden dan juga yang berkaitan dengan soal tiga periode," ujar Jokowi dilansir dari Instagram @sekretariat.kabinet.


Presiden menegaskan bahwa sesuai kesepakatan bersama DPR Pemilu akan dilaksanakan tanggal 14 Februari dan Pilkada dilaksanakan nanti di November 2024.


"Karena jelas bahwa kita telah sepakat Pemilu dilaksanakan tanggal 14 Februari dan pilkada dilaksanakan nanti di November 2024, sudah jelas semuanya," tegas Jokowi.


Presiden juga menjelaskan bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah akan dimulai di pertengahan bulan Juni 2022. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 167 ayat (6) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu) yang menyebut bahwa tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.


Pada 12 April 2022 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027 akan dilantik untuk segera mempersiapkan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.


Karena itu, pemerintah akan segera membahas berbagai persiapan Pemilu dan Pilkada dengan kedua institusi tersebut.


Hadir dalam rapat terbatas tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Moh Mahfud MD, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.


Hadir pula Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Meteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Panlima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan. (SK/Rfq)

TerPopuler