Desa Kebunagung Jadi Duta Lomba Kampung Pancasila, Wakili Sumenep ke Tingkat Jatim -->

Desa Kebunagung Jadi Duta Lomba Kampung Pancasila, Wakili Sumenep ke Tingkat Jatim

Kamis, 24 Maret 2022, 6:43 PM
loading...
Desa Kebunagung, Sumenep
DARI KIRI: Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Sumenep, Ketua AKD Kecamatan Kota Sumenep, Kepala Desa Kebunagung Bustanul Adfa, Kasdim, Camat Kota RB Faruk Hanafi, Kabid Pemdes DPMD Sumenep Supardi dan Danramil Kota Sumenep, di acara Lomba Kampung Pancasila Tahun 2022 di Desa Kebunagung, Kamis (24/3/2022)


SUMENEP, E-KABARI.com - Desa Kebunagung, Kecamatan Kota Sumenep menjadi duta Lomba Kampung Pancasila tahun 2022 mewakili Kabupaten Sumenep ke tingkat Provinsi Jawa Timur.


Kabar baik ini diketahui setelah desa yang dipimpin Bustanul Adfa tersebut lolos dalam penilaian tim survei lapangan Korem 084 Bhaskara Jaya, Kamis, 24 Maret 2022.


Penilaian Lomba Kampung Pancasila bersamaan dengan Lomba Desa dan Kelurahan di Desa Kebunagung.


Tim penilai dari Korem 084/Bhaskara Jaya yang dipimpin oleh Pasi Bhakti TNI Mayor Inf Budi Hermanto melakukan penilaian di sepanjang bantaran sungai Kebunagung.


Hasil inovasi Generasi Muda Kebunagung (GEMUK), Karang Taruna, Pemerintah Desa dan BPD Kebunagung serta elemen masyarakat desa lainnya menjadi target tim penilai dari Korem 084/Bhaskara Jaya.


Kepala Desa Kebunagung Bustanul Adfa menyampaikan, terbentuknya kampung pancasila diharapkan akan menambah erat tali silaturahmi, nilai gotong royong dan kebersamaan. Hal itu sesuai dengan slogan "Bersama Kita Bisa" membangun Desa Kebunagung ke arah yang lebih baik.


“Kami berharap sekaligus optimis untuk meraih kemenangan lomba Kampung Pancasila ini ke tingkat Provinsi Jatim,” kata Bustanul Adfa, Kamis, 24 Maret 2022.


Kegiatan penilaian Lomba Kampung Pancasila dan Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2022 di Desa Kebunagung berlangsung meriah dihibur oleh musik tong-tong Ul-daul.


Hadir pada kegiatan tersebut, Kasdim Mayor Inf Achmad Djailani mewakili Dandim 0827/Sumenep, Danramil Kota Sumenep, Camat Kota, Kapolsek Kota Sumenep, Ketua AKD Kecamatan Kota Sumenep dan Kepala Bidang Pemdes DPMD Sumenep Supardi.


Camat Kota Sumenep Faruk Hanafi menyampaikan, pihaknya merasa tersanjung atas Lomba Kelurahan dan Desa tersebut. Sebab, momentum itu bersamaan dengan Desa Kebonagung lolos sebagai perwakilan Lomba Kampung Pancasila dari Kecamatan Kota Sumenep ke tingkat Jatim.


“Kami sekarang menjadi Duta Kampung Pancasila mewakili Kabupaten Sumenep di tingkat provinsi,” kata Faruk Hanafi.


Camat Faruk menjelaskan, sebelumnya ada tiga desa di Kabupaten Sumenep yang mengikuti Lomba Kampung Pancasila Tahun 2022. Selain Desa Kebunagung dari Kecamatan Kota, ada Desa Manding Daya dari Kecamatan Manding, dan Desa Kalianget Barat dari Kecamatan Kalianget. 


“Alhamdulilah setelah melalui proses seleksi akhirnya Desa Kebunagung yang menjadi Duta Kampung Pancasila mewakili Sumenep ke tingkat provinsi,” tutur Camat Faruk.


Dia berharap Desa Kebunagung juga bisa mewakili Sumenep dalam Lomba Desa dan Kelurahan di Provinsi Jatim. Sehingga, nanti mewakili dua lomba sekaligus.


“Syukur-syukur nanti ini beriringan semisal nanti masuk tiga besar dan terpilih menjadi nomor satu di Lomba Desa dan Kelurahan, maka kita akan mewakili dua, Lomba Desa dan Kelurahan mewakili Sumenep serta Duta Kampung Pancasila mewakili Sumenep di provinsi,” harap Camat Faruk. 


Dia optimis Desa Kebunagung bisa mewakili Sumenep di tingkat Jatim. Pasalnya, konten hasil kreasi seluruh elemen Desa Kebunagung terlihat tidak dibuat-buat atau tampak alami.


"Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk serta mengingat kembali mengenai moral pancasila dalam kehidupan sehari-hari," pungkas Faruk.


Sementara Pasi Bhakti TNI Korem 084/Bhaskara Jaya Mayor Inf Budi Hermanto selaku Ketua Tim Penilai menyampaikan, indikator kriteria penilaian Lomba Kampung Pancasila Tahun 2022 ada 15 item.


Di antaranya, terbentuknya pelopor kampung pancasila aktif menjalankan tugasnya di wilayah masing-masing.


Selanjutnya, masyarakat setempat melaksanakan kegiatan yang mendukung terbentuknya kampung pancasila. Kemudian, kaum milenial dan tokoh masyarakat aktif dalam kegiatan sosial di kampung pancasila.


"Semua kegiatan di kampung pancasila ini harus dipastikan berdampak pada kerukunan hidup antar umat beragama," ujar Mayor Inf Budi Hermanto. (WY/Rfq)

TerPopuler