Mahasiswa STIUDA Bangkalan Manfaatkan Potensi Alam Desa Dabung Berdayakan Kelompok Tani -->

Mahasiswa STIUDA Bangkalan Manfaatkan Potensi Alam Desa Dabung Berdayakan Kelompok Tani

Rabu, 02 Februari 2022, 6:31 PM
loading...
Mahasiswa STIU Darussalam Bangkalan
Warga Desa Dabung, Geger, Bangkalan sedang dilatih membuat membuat disinfektan alami untuk mencegah hama tanaman, Rabu (2/2/2022). (Foto Mahmudi for E-KABARI)


BANGKALAN, E-KABARI.com - Mahasiswa KKN Ashab Al-Yamin Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam (STIUDA) Bangkalan Kelompok 01 memanfaatkan potensi alam Desa Dabung, Kecamatan Geger untuk memberdayakan kelompok tani.


Pemberdayaan kelompok tani melalui pemanfaatan potensi alam Desa Dabung tersebut, dilakukan melalui Penyuluhan Pertanian bertema “Pemberdayaan Kelompok Tani dengan Pemanfaatan Potensi SDA”, Rabu, 2 Februari 2022 pagi.


Mahmudi, Koordinator Desa KKN STIUDA Bangkalan Kelompok 01 menjelaskan, penyuluhan pertanian yang dikemas dengan ‘pembuatan pupuk organik dan pembasmian hama tersebut merupakan hasil pengamatan kelompoknya terhadap potensi alam Desa Dabung dan keluhan masyarakat.


“Setelah kami mengamati dan bincang-bincang dengan masyarakat, kami menemukan sedikit keluhan tentang masalah yang dialami masyarakat di bidang pertanian, sehingga kami berinisiatif mengadakan penyuluhan di bidang pertanian,” kata Mahmudi, Rabu, 2 Februari 2022.


Sebelumnya, KKN STIUDA Kelompok 01 telah melakukan observasi terhadap masalah yang dialami masyarakat Desa Dabung. Sepanjang penelitian itu didapatkan kesimpulan bahwa masalah paling krusial dan terkini di Desa Dabung adalah pertanian.


Marsidi, salah seorang warga Dusun Batumuggug, Desa Dabung mengungkapkan, keberlangsungan pertanian di desanya saat ini adalah persoalan paling krusial yang dialami oleh masyarakat.


“Masalah yang cukup mengganggu di desa kami ini adalah soal keberlangsungan pertanian, khususnya tanaman padi banyak yang terserang oleh hama, tikus, belalang, ulat dan lain-lain,” kata Marsidi.


Untuk itulah, KKN STIUDA menggandeng Karang Taruna Desa Dabung menggelar Penyuluhan Pertanian terhadap masyarakat melalui kelompok tani desa setempat.


Mereka mendatangkan penyuluh dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Kabupaten Bangkalan untuk memberikan pelatihan kepada warga Desa Dabung.


Mahsus, Ketua Karang Taruna Desa Dabung mengungkapkan, warga sangat antusias dengan pelatihan yang digagas oleh KKN STIUDA Bangkalan tersebut.


Sayang, dua pelatihan yakni pembuatan pupuk organik dan pembasmian hama tanaman tidak tuntas karena waktu yang terbatas dari pihak Dispertahortbun Bangkalan.


“Saat ini kami tidak bisa memaksimalkan penyuluhan ini dengan hanya satu pertemuan saja, sehingga kami  hanya bisa fokus terhadap pada bagaimana mencegah  tanaman dari berbagai serangan serangga dan hama,” tutur Mahsus. (Rfq)

TerPopuler