Kapal DBS III Lama Tak Beroperasi, Mahasiswa Kepulauan Demo PT Sumekar Line -->

Kapal DBS III Lama Tak Beroperasi, Mahasiswa Kepulauan Demo PT Sumekar Line

Rabu, 23 Februari 2022, 12:07 PM
loading...
Kapal DBS III
Mahasiswa kepulauan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenep (HIMPASS) saat melakukan aksi demonstrasi di kantor bersama BUMD di Jl Trunojoyo No. 137, Bangselok, Rabu (23/2/2022). (Foto Asnodi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Akibat Kapal DBS III lama tak beroperasi, sejumlah mahasiswa kepualauan mendemo PT Sumekar Line Sumenep, Rabu, 23 Februari 2022.


Para aktivis yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenep (HIMPASS) tersebut melakukan aksi demonstrasi ke kantor bersama BUMD di Jl Trunojoyo No. 137, Bangselok.


Mereka memprotes manajemen PT Sumekar Line yang mengelola kapal milik Pemerintah Daerah, karena KMP Dharma Bahari Sumekar (DBS) III sudah lama tidak beroperasi.


Korlap aksi HIMPASS, Moh Yudik Faisal mengungkapkan, sudah 10 bulan kapal DBS III tidak melayani kebutuhan transportasi warga kepulauan Sumenep. Padahal, perwakilan warga pulau sudah menyampaikan keluhan pada manajemen PT Sumekar Line.


“Sebelumnya kami sudah audiensi dengan manajemen PT Sumekar pada Senin tanggal 17 Januari 2022, bahkan waktu itu langsung ditemui oleh Pak Direktur,” jelas Yudik.


Dalam pertemuan tersebut, manajemen PT Sumekar Line berjanji kapal DBS III akan beroperasi tanggal 14 Februari 2022. Namun lepas seminggu dari tanggal yang disepakati, kapal itu tetap tidak berlayar.


"Kami datang ke sini dengan massa untuk demontrasi karena merasa dibohongi oleh Direktur PT Sumekar Line. Katanya kapal DBS I dan DBS III akan beroperasi minggu kedua bulan 2 (Februari), tapi sampai saat ini belum ada tanda-tanda dua kapal itu mau beroperasi," ujar Yudik dengan nada kesal.


Menurut demonstran, dalam audiensi bulan lalu Direktur PT Sumekar Line mengakui KMP DBS III sudah 9 bulan tidak beroperasi. Terakhir, kapal tersebut melayani rute Kalianget-Kangean dan Kangean-Kalianget.


Sementara untuk kapal DBS I, manajemen PT Sumekar Line beralasan kapal itu 1 bulan tidak beroperasi karena ada jadwal docking (perawatan atau perbaikan) tahunan.


"Akan tetapi pada Jumat tanggal 18 Februari kami melihat DBS I di dermaga Kalianget seperti belum dilakukan docking. Oleh karena itu, jangan salahkan masyarakat kalau ada opini liar terkait perbaikan kapal," ujar Yudik.


Saking kesalnya, gabungan mahasiswa kepulauan itu tidak hanya menyampaikan aspirasi lewat orasi. Kekecewaan mereka juga dilampiaskan dalam poster, di antaranya bertuliskan, “Menagi Janji PT Sumekar”, “Janjimu manis bagaikan gula pasir”, “Aku tak sanggup lagi menunggu kepastian darimu”.


Sementara Direktur PT Sumekar Line Sumenep Imam Molyadi menjelaskan, Kapal DBS III dalam proses docking. Pihaknya memprediksi perawatan atau perbaikan kapal teresbut masih butuh waktu 1 bulan.


“Tidak menutup kemungkinan ada kendala teknis di lapangan selama docking yang butuh waktu. Apalagi kapal khusus penumpang, di mana keselamatan menjadi hal utama,” dalih Imam Molyadi. (As/Rfq)

TerPopuler