Founder Rumah Desa Hebat di Sampang Siap Lahirkan 1000 Sarjana dari Anak Desa -->

Founder Rumah Desa Hebat di Sampang Siap Lahirkan 1000 Sarjana dari Anak Desa

Minggu, 19 Desember 2021, 11:58 PM
loading...
Rumah Desa Hebat
Abu Rizal, Founder Rumah Desa Hebat Sampang ketika sambutan pada acara Hari Jadi Rumah Desa Hebat yang ke-3, Ahad (19/12/2021). (Foto for E-KABARI)


SAMPANG, E-KABARI.com - Rumah Desa Hebat di Sampang tengah menyiapkan diri untuk melahirkan 1000 sarjana dari anak desa. Program tersebut digagas untuk membantu para pemuda yang berkeinginan kuliah, tapi penuh dengan keterbatasan.


"Kami siap membantu anak-anak desa yang kurang mampu tapi mereka punya cita-cita melanjutkan pendidikan hingga jenjang perkuliahan," kata Abu Rizal, Founder Rumah Desa Hebat, Ahad (19/12/2021).


Kabar gembira tersebut disampaikan Abu Rizal pada acara Hari Jadi Rumah Desa Hebat yang ke-3 di Auditorium Balai Pelatihan Umum (BPU) Kabupaten Sampang.


Rizal, sapaan akrabnya mengatakan, Rumah Desa Hebat sudah melakukan kerja sama dengan beberapa kampus di Madura untuk mewujudkan program 1000 sarjana.


"Saya sudah konsolidasi ke setiap rektor, seperti kampus IAIN Madura, UNIRA, UIM dan perguruan tinggi lainnya," jelas aktivis HMI Cabang Sampang tersebut.


Saat ini sudah ada puluhan pemuda yang diterima kuliah dengan beasiswa di kampus Akademi Kebidanan Graha Husada Sampang. Karena itu, Rumah Desa Hebat akan lebih semangat lagi untuk mewujudkan program 1000 sarjana dari anak desa tersebut.


"Jadi 1000 sarjana itu merupakan target utama kita ke depannya," tegas Rizal. 


Setelah dibimbing hingga menikmati perkuliahan, para pemuda yang difasilitasi Rumah Desa Hebat mendapatkan beasiswa tidak akan dilepas begitu saja.


Mereka akan mendapatkan pendampingan dari Rumah Desa Hebat, baik dari segi akademik yang kurang mampu sampai target IPK yang harus diraih di setiap semester.


"Bahkan kami sudah mencoba berusaha untuk mencarikan peluang pekerjaaan ketika mereka mau kerja nanti," jelas Rizal.


Dalam menghidupkan Rumah Desa Hebat, ternyata Rizal punya rahasia. Keberhasilan setiap perjuangannya melalui organisasi sosial dan pendidikan itu tidak lain karena dorongan dan doa dari seorang ibu.


"Saya selalu percaya akan selalu ada doa ibu yang kuat. Jika dipersentasekan dari setiap perjuangan saya itu hanya 15%, lalu 85% adalah doa ibu di sepertiga malamnya," ucap Rizal disambut tepuk tangan para hadirin.


Sementara Abd Aziz selaku Ketua Panitia peringatan Hari Jadi Rumah Desa Hebat yang ke-3 menyampaikan, target Rumah Desa Hebat yaitu mensukseskan visi misinya sebagai organisasi yang fokus bergerak di bidang sosial dan pendidikan.


"Target Rumah Desa Hebat lebih fokus untuk mencapai visi misinya," ungkap Aziz.


Dia berharap, pemuda desa juga bisa berkembang dan unggul dalam dunia akademik, supaya mereka menjadi agen pembangun kemajuan Kabupaten Sampang. Salah satunya melalui program 1000 sarjana.


"Harapan kami semoga pemuda desa lebih berkembang dan unggul dalam dunia pendidikan serta lebih pesat membangun Sampang ke depannya," pungkas Aziz.


Hari Jadi Rumah Desa Hebat yang ke-3 yang digelar di Auditorium Balai Pelatihan Umum (BPU) Kabupaten Sampang mengusung tema "Pendidikan Untuk Siapa?".


Acara tersebut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Sampang, Ketua DPRD Sampang, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Disporabudpar Sampang.


Hadir pula Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Sampang, Ketua KNPI, Direktur Akbid Graha Husada Sampang bersama para dosen, serta beberapa organisasi mahasiswa dan kepemudaan. (Kon/Kholisin/Fiq)

TerPopuler