H-1 Pilkades Serentak di Sumenep, Terduga Pelaku Politik Uang Diamankan Petugas -->

H-1 Pilkades Serentak di Sumenep, Terduga Pelaku Politik Uang Diamankan Petugas

Rabu, 24 November 2021, 11:09 PM
loading...

Pilkades Sumenep
R, terduga pelaku politik uang di Pilkades Desa Jadung, Kecamatan Dungkek, Sumenep saat diamankan petugas ke mobil Polsek Dungkek, Rabu (24/11/2021) siang. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - H-1 jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Sumenep, Kamis (25/11/2021) besok, terduga pelaku politik uang diamankan petugas.


Informasi awal penangkapan terduga pelaku politik uang ini diterima redaksi E-KABARI.com via WhatsApp, Rabu (24/11/2021) malam dari kawan sesama jurnalis pukul 19.05 WIB.


"infona e jadung ada penangkapan money politic," demikian isi pesan itu.


Selanjutnya, redaksi E-KABARI.com mengonfirmasi kabar ini kepada SP, warga Desa Jadung, Kecamatan Dungkek. Dia membenarkan adanya penangkapan terduga pelaku politik uang tersebut di desanya.


"Benar bro," katanya via WhatsApp, pukul 19.37 WIB, disertai kiriman foto kiriman terduga pelaku saat hendak memasuki mobil Polsek Dungkek setengah jam kemudian.


Selang satu jam, kabar terduga pelaku politik uang diamankan petugas beredar dalam bentuk video berdurasi 48 detik dan 29 detik.


Dalam video tersebut terekam aparat berseragam cokelat dan loreng membawa seorang pria berbaju putih lengan pendek bersarung mengenakan kopiah hitam, berjalan menuju mobil bertuliskan Polsek Dungkek.


Bahkan, di awal video berdurasi 29 detik bertuliskan "Tersangka money politic dalam gelaran Pilkades di desa Jadung kecamatan Dungkek kabupaten Sumenep".


Dari video itu pula diketahui lokasi penangkapan terduga pelaku politik uang gelaran Pilkades tersebut tampak seperti di balai desa. Dugaan ini juga dikonfirmasi oleh SP, yang menjadi sumber E-KABARI.com.


"Iya diamankan dari balai sekitar jam 11.30 WIB. Sekarang dilakukan pengamanan sementara di Mapolsek Dungkek," tuturnya.


Sumber terpercaya E-KABARI.com itu juga mengenali terduga pelaku politik uang di Pilkades Jadung tersebut. Menurutnya, terduga pelaku seorang perangkat desa.


"Iya tahu (pelaku). Namanya R, dia perangkat desa," sebutnya.


Kapolsek Dungkek, Iptu Slamet saat dihubungi salah satu dari sejumlah media yang ingin konfirmasi melalui sambungan telepon aplikasi perpesanan, belum merespon. Bahkan pesan yang dikirimkan belum mendapatkan jawaban, kendati sudah centang dua tanda dibaca.


Dikonfirmasi terpisah, Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S mengaku belum mendapatkan informasi utuh mengenai kabar peristiwa penangkapan tersebut.


“Pak Kapolsek masih di lapangan mas, belum ada laporan tertulisnya,” ungkapnya.


“Data yang diterima belum lengkap, masih didalami sama intel,” imbuh AKP Widiarti.


Berdasarkan jadwal yang ditetapkan Pemerintah Daerah, pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Sumenep dilaksanakan Kamis (25/11/2021) besok, setelah sebelumnya mengalami penundaan.


Pilkades Serentak tahun 2021 ini bakal dilaksanakan di 84 desa se-Kabupaten Sumenep, dan diikuti oleh sebanyak 251 calon kepala desa. (RK/WZ/Fiq)

TerPopuler