Jelang Musim Tanam, Wakil Rakyat Desak Pemkab Sumenep Cari Solusi Bantu Petani -->

Jelang Musim Tanam, Wakil Rakyat Desak Pemkab Sumenep Cari Solusi Bantu Petani

Minggu, 03 Oktober 2021, 8:06 PM
loading...
Bantu Petani
Ach. Naufil MS, anggota Komisi II DPRD Sumenep. (Foto IST/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Jelang musim penghujan, wakil rakyat mendesak Pemkab Sumenep mencari solusi untuk membantu para petani padi. Salah satunya terkait penyerapan gabah agar bisa lebih maksimal dibanding tahun-tahun sebelumnya.


Desakan ini disampaikan anggota Komisi II DPRD Sumenep, Ach. Naufil MS. Menurut wakil rakyat terswbut, Pemkab Sumenep perlu menyiapkan strategi jauh-jauh hari supaya ketika tiba waktunya tidak lagi kebingungan mencari cara untuk membantu petani.


Naufil menyebut petani memiliki peran besar dalam menjaga ketahanan pangan. Karena itu, pemerintah juga perlu memperhatikan nasib mereka. Minimal dengan memberikan solusi ketika petani menghadapi persoalan.


"Kebiasaan yang sering terjadi, ketika sudah musim panen harga beras cenderung tak stabil. Nah, ketika itu terjadi, saya rasa Pemkab Sumenep harus hadir untuk membantu petani menyerap gabah. Tentunya dengan harga yang tidak membuat petani rugi," ungkapnya, Ahad (3/10/2021).


Sementara soal bagaimana cara membantu para petani padi, Naufil menegaskan Pemerintah harusnya yang lebih tahu.


"Karena urusan teknis, itu sudah merupakan tugas eksekutif," ujar politisi muda tersebut.


Selain soal penyerapan gabah, yang perlu dipikirkan Pemkab Sumenep menjelang musim tanam padi ialah ketersediaan pupuk. Supaya para petani tidak susah mendapatkan pupuk ketika sudah masuk musim tanam.


"Intinya saya berharap pemerintah harus punya strategi untuk membantu petani. Minimal ketika masuk musim tanam mereka tidak kesulitan mendapat pupuk, kemudian ketika musim panen sudah ada yang bisa dan siap menyerap gabah mereka," pungkas Naufil. (MC/RK/Fiq)

TerPopuler