Masjid Abdullah Syechan Baghraf, Kado HSN MH Said Abdullah untuk Ponpes Darut Thoyyibah -->


Masjid Abdullah Syechan Baghraf, Kado HSN MH Said Abdullah untuk Ponpes Darut Thoyyibah

Jumat, 22 Oktober 2021, 7:19 PM
loading...

MH Said Abdullah
MH Said Abdullah bersama istrinya, Khalida Ayu Winarti saat meresmikan Masjid Abdullah Syechan Baghraf di Pondok Pesantren Darut Thoyyibah Legung Timur, Jumat (22/10/2021). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Ketua Banggar DPR RI, MH Said Abdullah memberikan kado Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 berupa masjid pada pondok pesantren.


Tempat ibadah yang sangat refresentatif tersebut diberi nama Masjid Abdullah Syechan Baghraf, mengabadikan nama sang abah (ayah) dari MH Said Abdullah.


Masjid Abdullah Syechan Baghraf dibangun di Pondok Pesantren (Ponpes) Darut Thoyyibah, Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep.


Peresmian Masjid Abdullah Syechan Baghraf ditandai dengan penguntingan karangan bunga melati oleh istri MH Said Abdullah, Khalida Ayu Winarti.


Ketua Banggar DPR RI itu mengungkapkan, Masjid Abdullah Syechan Baghraf merupakan masjid kelima yang dibangun dirinya di Kabupaten Sumenep.


Kali ini, MH Said Abdullah bersama keluarganya memilih pesantren tempat dirinya mengabdi sebelum terjun ke dunia politik sebagai lokasi pembangunan masjid.


“Dulu tahun 1985 saya pernah menjadi ustadz di pondok pesantren ini selama dua tahun setengah. Saya punya sejarah yang panjang dengan Pondok Pesantren Darut Thoyyibah, karena itu saya yang memberi nama,” katanya, Jumat (22/10/2021) siang.


Said menyatakan, membangun masjid di Ponpes Darut Thoyyibah merupakan kewajibannya dalam rangka melakukan pengembangan pondok pesantren itu.


“Ini bukan soal memilih, tapi ini lebih pada mandatori bagi saya untuk mengembangkan pesantren ini,” ungkapnya, dalam.


Said bersama keluarga besarnya juga sengaja memilih meresmikan Masjid Abdullah Syechan Baghraf di tanggal 22 Oktober 2021, karena hari ini merupakan momen yang tepat.


“Selain Hari Santri Nasional, sekarang juga bertepatan dengan hari ulang tahun saya. Tapi lebih dari itu, hari ini adalah waktu yang tepat karena tonggak sejarah bagi republik ini di mana santri terdepan dalam menjaga NKRI,” terang politisi PDI Perjuangan itu.


Said berharap, keberadaan Masjid Abdullah Syechan Baghraf di Ponpes Darut Thoyyibah ke depan bisa bermanfaat, baik untuk santri dan masyarakat sebagai sarana ibadah maupun kegiatan kepesantrenan. (PM/Fiq)

TerPopuler