Pemkab Sumenep Salurkan Ribuan Paket Zakat Fitrah 1442 Hijriah -->

Pemkab Sumenep Salurkan Ribuan Paket Zakat Fitrah 1442 Hijriah

Senin, 10 Mei 2021, 4:27 PM
loading...

Zakat Fitrah
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi didampingi Wabup Nyai Hj. Dewi Khalifah dan Kepala Dinsos Sumenep, Mohamad Iksan menyerahkan zakat fitrah 1442 hijriah secara simbolis pada salah seorang mustahiq. (Foto IST/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menyalurkan ribuan paket zakat fitrah 1442 Hijriah secara simbolis di Masjid Jamik, Senin (10/05/2021) pagi.


Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan, meskipun pengumpulan zakat fitrah tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, tetapi potensi zakat di Sumenep akan terus dioptimalkan.

 

Sebab, selain sangat efektif dalam menanggulangi masalah kemiskinan, zakat mampu menguatkan rasa solidaritas, kepekaan dan kesalehan sosial untuk membantu sesama.


Untuk itu, Bupati Fauzi mendorong ASN di lingkungan Pemkab Sumenep meningkatkan partisipasi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.


"Apalagi di masa wabah Covid-19 banyak masyarakat terdampak, mengingat efeknya tidak hanya pada kesehatan saja, tetapi juga berdampak kepada ekonomi masyarakat," ungkapnya, Senin (10/05/2021).


Fauzi juga meminta seluruh pimpinan OPD dan instansi lain di Sumenep agar mendorong jajarannya untuk memiliki kepedulian membantu masyarakat, salah satunya melalui zakat fitrah ini.


Sebagai upaya meningkatkan pengumpulan zakat, pihaknya telah memprogramkan kerja sama dengan pengusaha di daerah untuk menyalurkan atau membayar zakat melalui pemerintah daerah.


“Melibatkan pengusaha di daerah tujuannya agar pengumpulan zakat semakin meningkat, yang ujung-ujungnya dampaknya semakin banyak penerima zakat atau mustahiq di Kabupaten Sumenep,” jelas Fauzi.


Sementara Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep, Mohamad Iksan mengungkapkan, pengumpulan zakat fitrah dari ASN meliputi OPD, BUMN/BUMD di lingkungan Pemkab serta instansi vertikal berupa beras sebanyak 70 paket dan uang tunai sebesar Rp124.732.000,- atau 3.601 paket.


“Sementara pengumpulan zakat fitrah di tingkat Kecamatan se-Kabupaten Sumenep yang penyalurannya dilakukan oleh masing-masing Kecamatan berjumlah Rp 6.420.000,-,” terangnya.


Untuk penyaluran zakat fitrah ini, lanjut Iksan, dilakukan melalui 63 lembaga meliputi yayasan, organisasi masyarakat, musala dan masjid, serta penyalurannya langsung kepada penerima zakat melalui instansinya.


“Pada tahun ini, jumlah paket zakat fitrah ada tambahan sekitar 1000 paket dari tahun sebelumnya,” pungkasnya. (WY/RK/Fiq)

TerPopuler