PAC IPNU-IPPNU Dungkek Santuni Kaum Duafa dan Waqaf Al-Qur'an -->

PAC IPNU-IPPNU Dungkek Santuni Kaum Duafa dan Waqaf Al-Qur'an

Sabtu, 08 Mei 2021, 10:27 PM
loading...
Pekan Ramadan
Ketua PAC IPNU Dungkek, Moh. Amin Rais (kiri) bersama pengurus menyerahkan waqaf Al-Qur'an. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nadhlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Dungkek menutup Pekan Ramadan dengan berbagi.


Kegiatan yang dilakukan secara bertahap itu diawali pada hari Selasa (4/05/2021) kemarin dengan membagikan sepuluh paket santunan pada kaum duafa. Paket tersebut didapat dari hasil kerja sama dengan BMT NU Kecamatan Dungkek.


Ketua PAC IPNU Dungkek, Moh. Amin Rais mengatakan, pelaksanaan Pekan Ramadan sengaja dilakukan secara seremonial saja. Tentunya dalam proses penyalurannya pun dikonsep sesederhana mungkin dengan cara blusukan pada penerima, musalla, dan masjid sekitar Kecamatan Dungkek.


"Santunan kaum Duafa dan Waqaf Al-Qur'an dilaksanakan secara sederhana dan langsung berhubungan dengan masyarakat," tuturnya, Sabtu (8/05/2021).


Kegiatan Pekan Ramadan tahap kedua dilaksanakan pada hari Rabu (5/05/2021) dengan penyerahan sepuluh buah Al-Qur'an di Desa Lapa Laok dan Lapa Taman.


Sedangkan tahap ketiga pada Sabtu (8/05/2021) hari ini, sebanyak sepuluh Al-Qur'an kembali diberikan kepada penerima di Desa Romben Guna.


Menurut Amin, kegiatan berbagi dalam Pekan Ramadan tersebut dilakukan sebagai refleksi kepada para kader IPNU-IPPNU bahwa pendirinya sangat mencita-citakan para kadernya untuk dekat dengan masyarakat.


"Sesuai dengan cita-cita-cita pendiri KH. Tolchah Mansoer, IPNU dikader untuk dekat dengan masyarakat, bukan menciptakan kasta elit. Maka dari itu, kami upayakan kader blusukan ke masyarakat," tegasnya.


Sya'rani, Pengasuh Madrasah Diniyah Al Ikhlas Dungkek mengapresiasi bakti sosial PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Dungkek.


Dia merasa sangat senang dan bangga ketika para pelajar NU bisa dekat dengan masyarakat. Lewat waqaf Al-Quran itu, Sya'rani berharap para pelajar NU bisa memahami isi yang terkandung di dalamnya.


"Kami sangat senang dan bangga terkait kegiatan ini, kami harap para santri bisa lebih memahami Al-Qur'an dengan waqaf Al-Qur'an ini," ungkapnya. (Helmy/Fiq)

TerPopuler