Disdik Sumenep Izinkan Sekolah Laksanakan Ujian di Bulan Ramadan -->


Disdik Sumenep Izinkan Sekolah Laksanakan Ujian di Bulan Ramadan

Selasa, 20 April 2021, 3:58 PM
loading...
Kegiatan Ramadan
Mohamad Iksan, S.Pd., MT, Plt Kepala Disdik Sumenep. (Foto IST/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep sudah membuat Surat Edaran (SE) terkait kegiatan seluruh satuan pendidikan selama bulan Ramadan 1442 Hijriah.


Kegiatan tatap muka dunia pendidikan di bulan Puasa tetap berlangsung sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan dan arahan dari Disdik Sumenep.


Plt Kepala Disdik Sumenep, Mohamad Iksan mengatakan, kegiatan Pertemuan Tatap Muka (PTM) untuk seluruh satuan pendidikan di lingkungan Disdik Sumenep di bulan Ramadan ini tetap berlangsung sesuai dengan ketentuan dari Kemendikbud RI.


“Kegiatan PTM di bulan Ramadan ini mengacu pada Permendiknas yang terbaru. Pertama, libur awal Ramadan selama tiga hari. Kedua, pelaksanaan KBM seperti biasanya. Ketiga, harus ada kegiatan efektif fakultatif selama Ramadan ini,” terang Mohamad Iksan, Selasa (20/04/2021).


Dalam kegiatan PTM itu, lanjut Iksan, Disdik Sumenep membolehkan sekolah di bawah naungannya untuk melaksanakan kegiatan ujian, baik Ujian Akhirnya Sekolah (UAS) atau Ujian Kenaikan Kelas (UKK).


“Jika sekolah mau melaksanakan ujian sekolah atau UKK silakan. Tapi kalau materi pembelajaran di semester itu belum tuntas, maka selesaikan dulu,” pesannya.


Iksan juga menyampaikan bahwa Ujian Sekolah kali ini dipasrahkan penuh kepada pihak sekolah. Sebab, tahun ini tidak ada Ujian Nasional (UN).


“Secara serentak kenaikan kelas pada tanggal 19 Juni 2021. Jadi yang mau melaksanakan ujian di bulan Ramadan ini boleh, dilaksanakan setelah Idul Fitri juga boleh,” pungkasnya. (DN/RK/Fiq/*)

TerPopuler