Dewan Rekomendasikan Pemkab Sumenep Berdayakan Potensi SDA untuk Pendapatan Daerah -->

Dewan Rekomendasikan Pemkab Sumenep Berdayakan Potensi SDA untuk Pendapatan Daerah

Selasa, 20 April 2021, 12:41 PM
loading...
Pansus DPRD Sumenep
Sidang Paripurna Penyampaian Laporan Panitia Khusus (Pansus) sebagai Rekomendasi DPRD kepada Bupati Sumenep untuk Perbaikan Penyelenggaraan Pemerintahan ke depan, Senin (19/04/2021) malam. (Foto Humas DPRD Sumenep/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep memberikan rekomendasi pada Pemerintah Kabupaten terkait peningkatan sumber pedapatan daerah (PD).


Rekomendasi tentang sumber PD tersebut disampaikan dalam Sidang Paripurna Penyampaian Laporan Panitia Khusus (Pansus) sebagai rekomendasi DPRD kepada Bupati Sumenep untuk Perbaikan Penyelenggaraan Pemerintahan ke depan.


Sidang Paripurna ini berlangsung pada Senin (19/04/2021) malam di Ruang Sidang Paripurna Kantor DPRD Sumenep.


Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Sumenep, Dul Siam, melalui juru bicaranya Ach. Naufil mengungkapkan, pihaknya meminta ekskutif agar lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan pendapatan daerah dengan memberdayakan segala potensi yang dimiliki Sumenep.


Rekomendasi ini didasarkan pada data yang tercantum dalam LKPJ Bupati Sumenep Akhir Tahun Anggaran 2020 bahwa pendapatan daerah telah tercapai 100,85 persen.


Data tersebut jelas menunjukkan telah terjadi peningkatan pendapatan daerah di tahun 2020. Namun, peningkatan tersebut ternyata didukung oleh peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 15.06 persen.


“Dan ketika kami tahu apa saja komponen PAD di tahun 2020 itu, yang ternyata masih bertumpu pada pajak dan bagi hasil, maka kegembiraan itu perlahan berkurang,” jelas jubir Pansus DPRD Sumenep, Ach. Naufil.


Menurut politisi PKB itu, pansus LKPJ yang sebelum-sebelumnya telah berulang kali mengatakan bahwa sumber-sumber PAD di Sumenep tidak mengalami kemajuan. Sehingga, Pansus meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru dengan mengulangi permintaan yang sama.


"Pansus meminta agar Pemkab Sumenep benar-benar membangun semangat dan langkah-langkah kreatif serta inovatif dalam upaya memberdayakan potensi sumber daya yang dimiliki Kabupaten Sumenep untuk menumbuhkembangkan PAD,” tegas Naufil.


“Sehingga cita-cita mulia untuk mandiri, mengurangi ketergantungan kepada pemerintah pusat bisa tercapai dan bukan hanya mimpi indah yang diselipkan di saat kita asyik berdiskusi,” sambungnya. (RK/Fiq/*)

TerPopuler