Puskesmas Tanjung Agung Lamsel Laksanakan Vaksinasi Tahap Kedua -->


Puskesmas Tanjung Agung Lamsel Laksanakan Vaksinasi Tahap Kedua

Rabu, 24 Maret 2021, 7:58 PM
loading...
Puskesmas Tanjung Agung Lamsel
Kegiatan Vaksinasi Tahap Kedua di Puskesmas Tanjung Agung, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, Rabu (24/03/2021). (Foto for E-KABARI)


LAMPUNG SELATAN, E-KABARI.com - UPTD Puskesmas Tanjung Agung, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan (Lamsel) laksanakan Vaksinasi Tahap Kedua untuk Unsur Pelayanan Publik, Rabu (24/03/2021).


Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanjung Agung sejauh ini sudah berjalan dengan sasaran Petugas Kesehatan, baik tenaga Medis dan Non Medis wilayah Puskesmas Tanjung Agung.


"Selain Tenaga Medis dan Non Medis, Pelayan Publik meliputi Kepala Desa, Staf Kecamatan, serta TNI, Polri dan Guru sekolah wilayah Puskesmas Tanjung Agung yang telah divaksin," ujar Ernidayati, S.Tr.Keb. ketika dihubungi E-KABARI via WhatsApp.


Lebih Lanjut, petugas vaksinasi di Puskesmas Tanjung Agung itu mengatakan, jenis vaksin yang diberikan saat ini adalah Sinovac. Sedangkan dosisnya 2 kali pemberian sebanyak 0.5 ml, dengan jarak 2 minggu dari penyuntikan vaksin pertama.


"Pemberian vaksin dilakukan oleh petugas vaksinator yang sudah mendapatkan sertifikat pelatihan, dan vaksinator di Puskesmas Tanjung Agung ada 5 orang," terang Ernidayati.


Untuk alur pemberian vaksin masih seperti tahap awal. Yakni dimulai pendaftaran verifikasi data melalui NIK, screening kesehatan untuk menentukan pasien layak atau tidak untuk diberikan vaksin.


Selanjutnya, observasi selama 30 menit untuk memastikan tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Sedangkan sistem pencatatan dan pelaporan pelaksanaan vaksinasi ada 2 jenis yaitu, online dan offline.


"Vaksin selain bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, penurunkan angka penularan, dan penyebaran Covid-19. Tapi tetap harus mengacu pada protokol kesehatan di manapun kita beraktivitas," harap Ernidayati. (Wandi/Fiq)

TerPopuler