HPN 2021, Ini Harapan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur -->

HPN 2021, Ini Harapan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur

Selasa, 09 Februari 2021, 11:02 AM
loading...
Hari Pers Nasional 2021
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT. (Foto for E-KABARI)


SURABAYA, E-KABARI.com - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur memiliki harapan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di tengah pandemi Covid-19.


Pasalnya, pers menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi dan terus mengawal demokrasi bangsa, serta memberikan edukasi yang konstruktif terkait pendidikan, terutama di Jawa Timur.


Karena itu, Kadisdik Jawa Timur, Wahid Wahyudi berharap pers selalu ikut berpartisipasi dalam mengawal akselarasi dan inovasi pendidikan Jawa Timur sesuai dengan tema yang diangkat pada tahun ini yaitu "Jatim Bangkit, Pendidikan Kompetitif".


"Pers harus selalu menyampaikan informasi yang objektif, membangun dan mengedukasi masyarakat," ungkapnya, Selasa (9/02/2021).


Mantan Kepala Dinas Perhubungan Jawa tersebut mengatakan, pers harus dapat membantu program Pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, terutama dengan ditetapkannya PKKM berskala mikro.


"Pers harus dapat membantu program Pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui informasi yang objektif, konstruktif dan edukasitif pada publik," ujar Wahid Wahyudi.


Ia menilai pers di era pandemi menjadi garda terdepan dan pilar demokrasi. Pers sangat penting dalam kehidupan masyarakat yang terombang-ambing oleh berita hoax dan intoleran, sehingga harus menjadi fungsi kontrol terhadap Pemerintah.


"Pers dapat menciptakan energi baru bagi masyarakat di tengah kondisi masyarakat yang panik, sehingga informasi yang menyenangkan adalah energi dan imun yang baik," jelas Wahid Wahyudi.


Ia menegaskan, pers sejatinya penangkal berita-berita hoaks yang berkembang agar dapat menciptakan situasi kondusif di masyarakat. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang dialami seluruh dunia.


Pers juga harus dapat menjadi penyambung informasi yang objektif kepada masyarakat. Bahkan, pers merupakan nyawa dari pendidikan dan bangsa Indonesia.


"Semoga insan pers selalu menjaga protokol kesehatan dalam menjalankan tugas sebagai seorang wartawan. Selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia," ucap Wahid Wahyudi. (Ir/Fiq)

TerPopuler