Dinsos Pamekasan Rencanakan Program "Peduli Lansia Sebatang Kara" di Tahun 2021 -->


Dinsos Pamekasan Rencanakan Program "Peduli Lansia Sebatang Kara" di Tahun 2021

Kamis, 27 Agustus 2020, 1:31 PM
loading...
Dinsos Pamekasan Rencanakan Program "Peduli Lansia Sebatang Kara" di Tahun 2021
Kepala Dinsos Pemekasan, Moh. Tarsun bersama rombongan saat mengunjungi dan memberikan bantuan kepada salah satu lansia sebatang kara. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melalui Dinas Sosial (Dinsos) berencana akan menyusun program sosial untuk para Lansia Sebatang Kara yang ada di Pamekasan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinsos Pamekasan, Moh. Tarsun kepada awak media, saat mengunjungi dan memberikan bantuan kepada salah satu lansia sebatang kara di Desa Tobungan, Kecamatan Galis, Rabu (26/08/2020) pagi.

Pemkab Pamekasan akan memberikan bantuan berupa makanan lengkap dengan lauk pauk dan air minum, kepada lansia sebatang kara 2x dalam sehari. Sehingga, mereka tidak perlu lagi merasa lapar dan menunggu kiriman dari tetangga.

Untuk menyiapkan dan mengirimkan makanan tersebut, Dinsos Pamekasan akan menunjuk warung atau depot makanan, dan petugas untuk pengirimannya.

"Ini merupakan program dari Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam S.Psi, dan Wakil Bupati Pamekasan H. Raja'e," kata Moh. Tarsun, Rabu (26/08/2020).

Dinsos nantinya akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan dalam hal kesehatan dan gizi. Para lansia akan dicek kesehatannya, sehingga nanti makanan yang diberikan tidak sekadar makanan.

"Kita pilih makanan atau lauk apa yang bisa dikonsumsi oleh Lansia tersebut, sehingga makanan yang kita berikan tidak mempengaruhi kesehatannya," terang Tarsun.


Dijelaskan, hingga saat ini Dinsos sudah dalam tahap pendataan. Sehingga, bagi siapa saja dipersilakan melaporkan kepada Operator SIK & G atau Desa, jika mengetahui keberadaan lansia sebatang kara.

Adapun untuk jumlah sasaran program "Peduli Lansia Sebatang Kara" ini ada 750 orang se-Kabupaten Pamekasan.

"Nanti kita akan ajukan dana dari APBD untuk 750 lansia sebatang kara, semoga bisa lolos di DPRD," ujar Tarsun, penuh harap.

Yang perlu diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, sedang berusaha dan berjuang bagaimana Pamekasan menjadi kabupaten yang hebat, bebas dari kemiskinan.

Salah satunya, yaitu melalui program "Peduli Lansia Sebatang Kara" Tahun 2021 yang dirancang oleh Dinsos Pamekasan.

Karena bagi Bupati dan Wabup Pamekasan, jabatan hanyalah sebagai alat pengabdian kepada masyarakat. (Ir/Fiq)

TerPopuler