Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Polres Sumenep Imbau Masyarakat Lakukan 4 Hal Ini -->


Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Polres Sumenep Imbau Masyarakat Lakukan 4 Hal Ini

Senin, 16 Maret 2020, 6:39 PM
loading...
Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Polres Sumenep Imbau Masyarakat Lakukan 4 Hal Ini
Kapolres Sumenep, AKBP Deddy Supriadi, S.I.K., M.I.K. menyemprotkan caiaran disinfektan kepada penumpang kapal di Pelabuhan Pelindo III Kalianget, Senin (16/03/2020). (Foto for E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau COVID-19, Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur mengimbau masyarakat untuk melakukan berbagai upaya pencegahan.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Sumenep saat melakukan kerja bakti dan pembagian brosur bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Pelabuhan Pelindo III Kalianget, Senin (16/03/2020).

Sedangkan yang menjadi sasaran kegiatan itu, yakni Kapal Laut Jurusan Pulau Masalembu dan Pulau Kangean (Arjasa) dengan segenap awak kapal dan penumpangnya.

Saat kerja bakti, Kapolres Sumenep, AKBP Deddy Supriadi meminta para penumpang kapal laut untuk tidak takut atau panik terhadap wabah Virus Corona atau COVID-19.

Yang terpenting, kata Kapolres, masyarakat harus senantiasa waspada dan melakukan antisipasi setidaknya dengan empat langkah berikut ini.

Pertama, selalu mencuci tangan dengan benar. Karena ini merupakan cara yang paling sederhana, namun efektif untuk mencegah penyebaran wabah virus COVID-19.

“Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun. Pastikan seluruh tangan tercuci hingga bersih, setelah itu keringkan menggunakan tissu maupun handuk bersih,” katanya, Senin (16/03/2020).

Kedua, Kapolres Deddy mengimbau masyarakat agar menggunakan masker, terutama bagi yang sedang sakit, untuk mencegah penyebaran virus dan kuman.

Selanjutnya, menjaga daya tahan tubuh juga harus dilakukan, karena daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit.

"Hal ini di antaranya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah dan makanan berprotein," terang Kapolres Deddy.

Terakhir, pihaknya mengimbau hindari bepergian ke tempat atau negara yang terjangkit, hindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan Coronavirus.

Kegiatan kerja bakti dalam rangka antisipasi penyebaran Virus Corona di tempat umum itu melibatkan berbagai pihak. Selain Kapolres dan jajaranya, terlihat hadir Ketua DPRD Sumenep Hamid Ali Munir.

Kadinkes Sumenep Agus Mulyono, Kadishub Sumenep Agustiono Sulasno, dan Kasatpol PP Purwo Edi Prawito bersama anggotanya pun ikut dalam kegiatan tersebut.

Bahkan, hadir pula para Kepala Puskesmas daratan beserta anggotanya masing-masing  5 orang, anggota TNI dan anggota Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget. (RK/Fiq)

TerPopuler