Berhasil Lewati Banyak Rintangan dengan Sabar, H. Sa’di Akhirnya Melenggang Jadi Kades Gadu Barat -->


Berhasil Lewati Banyak Rintangan dengan Sabar, H. Sa’di Akhirnya Melenggang Jadi Kades Gadu Barat

Jumat, 08 November 2019, 2:41 AM
loading...
Pilkades Serentak Sumenep 2019
Susana kemenangan di rumah H. Sa'di, Cakades Nomor Urut 02 Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kamis (7/11/2019) malam. (Foto Ras/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Beginilah suasana rumah H. Sa’di, Kepala Desa (Kades) Terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (7/11/2019) malam.

Masyarakat Gadu Barat tampak berjubel mendatangi kediaman Calon Kepala Desa (Cakades) Nomor Urut 02 bergambar Nanas itu, setelah berhasil mengalahkan H. Taufiq, Cakades Inkamben Nomor Urut 01 bergambar Pisang.

Pantauan E-KABARI.COM di lokasi, masyarakat keluar masuk berjabat tangan dan memeluk H. Sa’di. Mereka datang sekadar mengucapkan selamat berjuang kepada kades terpilih yang sebelumnya diprediksi kalah itu oleh kalangan kades sekitar.

Sayang, prediksi-prediksi tersebut meleset. H. Sa’di justru mendapatkan suara lebih banyak dari Cakades Inkamben, meski kemenangan tersebut tidak didapatkannya dengan jalan yang mudah.

Perjuangan Cakades yang sebelumnya mengaku sudah selalu dihadapkan pada rintangan yang menguras otak dan hatinya itu, sekarang sudah terbayar dengan kemenangan yang tidak terduga.

“Dimulai dari pendaftaran yang dipersulit, pembuatan SKCK, hingga kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti kekisruhan-kekisruhan yang terjadi sebelum ini,” tutur H. Sa’di mengenang prosesnya meraih kemenangan.

Namun dengan kemenangan yang diraih, pihaknya merasa puas dan sudah terbayar. Saat ini, kata dia, tinggal memikirkan bagaimana agar Desa Gadu Barat ke depannya menjadi lebih baik dan maju.

Untuk diketahui, Desa Gadu Barat memiliki 7 dusun dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 3.640 jiwa. Namun dari jumlah total DPT tersebut, pemilih yang hadir memberikan suara hanya 3.092, sedangkan sisanya sebanyak 548 tidak hadir.

Dari total 3.093 pemilih yang hadir pada Pilkades kemarin, suara sah hanya berjumlah 3.069, sedangkan suara yang tidak sah sebanyak 23.

H. Taufik yang merupakan Cakades Inkamben bernomor Urut 01 dengan gambar Pisang mendapatkan sebanyak 1.406 suara. Sementara H. Sa’di, Cakades Penantang bernomor Urut 02 dengan gambar Nanas memperoleh suara terbanyak, yakni 1.663.

Saat disinggung terkait laporan insiden pengeroyokan yang terjadi pada timsesnya sepekan sebelum pelaksanaan Pilkades, juga hal lain yang dirasa merugikan pihaknya, jawaban H. Sa’di sangat singkat dan tak terduga.

“Biarkan masyarakat saya beristirahat dulu untuk beberapa hari hingga pelantikan. Selebihnya sudah ada pihak yang berwenang yang akan memprosesnya,” ucap Kades Terpilih Gadu Barat Periode 2019-2025 itu, dengan bijak.

Berikut daftar perolehan suara kedua calon di setiap dusun dalam Pilakdes Gadu Barat:

1. Dusun Talambung Laok
- H. Taufiq : 165
- H. Sa’di : 172

2. Dusun Talambung Dajah
- H. Taufiq : 235
- H. Sa’di : 97

3. Dusun Sumber
- H. Taufiq : 303
- H. Sa’di : 183

4. Dusun Mandala Timur
- H. Taufiq : 172
- H. Sa’di : 278

5. Dusun Mandala Barat
- H. Taufiq : 200
- H. Sa’di : 444

6. Dusun Perigi Barat
- H. Taufiq : 266
- H. Sa’di : 348

7. Dusun Perigi Timur
- H. Taufiq : 65
- H. Sa’di : 141

8. Perolehan Suara Tingkat Desa
- H. Taufiq : 1.406
- H. Sa’di : 1663

(Ras/Fiq)

TerPopuler