Pemkab Sumenep Kembali Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha -->

Pemkab Sumenep Kembali Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Minggu, 15 September 2019, 7:49 PM
loading...
Pemkab Sumenep Kembali Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha
Wabup Sumenep Achmad Fauzi (baju batik) dan Kepala Dishub Sumenep (baju putih) usai menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha 2019 di JCC. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.COM – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI).

Penghargaan ketiga kalinya ini merupakan apresiasi atas keberhasilan Dinas Perhubungan Sumenep mengikuti penilaian kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan tahun 2019.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha sendiri merupakan penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada Provinsi, Kabupaten/Kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

Kabupaten/Kota berkewajiban meningkatkan kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan baik itu aspek administrasi, teknis dan operasional maupun aspek kebijakan kepala daerah dalam pembangunan transportasi perkotaan.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi bersama Kepala Dinas Perhubungan, Agustiono Sulasno menerima penghargaan bergengsi ini di Jakarta Convention Center (JJC) Jakarta, Minggu (15/09/2019).

“Penghargaan ini adalah buah kerja keras yang dilakukan jajaran pemerintah daerah bersama masyarakat, untuk membangun demi mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan berlalulintas,” ujar Fauzi.

Meski begitu, diraihnya penghargaan ini diharapkan jangan membuat Dinas Perhubungan Sumenep berpuas diri. Dinas yang dinakhodai Agus itu diimbau agar terus membenahi apa saja yang dinilai masih kurang sekaligus merawat dan meningkatkan sarana dan prasarana yang sudah ada.

"Harapannya supaya sistem transportasi perkotaan semakin baik, sehingga bisa meraih penghargaan di tahun 2020 tanpa catatan," tegas Wabup.

Bahkan, ia sudah melakukan komunikasi langsung dengan Kepala Dinas Perhubungan terkait pembenahan sistem dan sarana berikut prasarana transportasi di kabupaten ujung timur Pulau Madura ini.

“Saya sudah intruksikan Kepala Dinas Perhubungan bersama jajarannya untuk memperbaiki kekurangannya, karena pada tahun ini Pemerintah Daerah menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha itu dengan catatan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Agustiono Sulasno menjelaskan, penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun ini mendapatkan catatan akibat masih ada sarana dan prasarana yang harus dilakukan pembenahan.

“Sarana dan prasarana yang harus ditingkatkan itu antara lain adalah rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, parkir dan petunjuk trayek angkutan umum,” terang Agus.

Karena itu, pihaknya akan memprogramkan peningkatan penataan sarana dan prasarana transportasi publik menjadi semakin baik pada tahun 2020 sebagai penunjang dan pendorong pembangunan daerah.

"Kami harapkan dukungan masyarakat untuk menciptakan sistem transportasi yang baik dan aman, sehingga targetnya Pemerintah Kabupaten Sumenep mendapat penghargaan Wahana Tata Nugraha tanpa catatan tahun 2020,” ujar Agus. (MC/RK/Fiq)

TerPopuler