Digelar di Bandara Stanvac, Upacara HUT RI Ke-74 Kabupaten PALI Berlangsung Khidmat -->

Digelar di Bandara Stanvac, Upacara HUT RI Ke-74 Kabupaten PALI Berlangsung Khidmat

Sabtu, 17 Agustus 2019, 7:56 PM
loading...
Digelar di Bandara Stanvac, Upacara HUT RI Ke-74 Kabupaten PALI Berlangsung Khidmat
Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 oleh Kabupaten PALI di Bandar Stanvac. (Foto Madhon/E-KABARI)


PALI, E-KABARI.COM - Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-74 di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan (Sumsel) yang digelar di Bandara Stanvac, Sabtu (17/08/2019), berlangsung khidmat.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih tersebut disaksikan langsung Bupati PALI, Heri Amalindo, Ketua DPRD PALI, Soemarjono, Kepala Kejari, Kapolsek Talang Ubi, Danramil 044/03, serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab PALI dan siswa SD, SMP, SMA seluruh Bumi Serapat Serasan.

Pengibaran Bendera dilakukan oleh personel pilihan dan terbaik yang telah dilakukan seleksi sebelumnya. Mulai dari anggota Paskibraka berjumlah 39 orang yang dipimpin Komandan Barisan, Iptu Andi dan Komandan Kompi Brimob, Ipda Adi Cahyadi sebagai Pemimpin Upacara, serta Dandim MPP, Letkol Inf Syafruddin sebagai Inspektur Upacara.

Upacara tersebut juga dimeriahkan dengan  marching band dari 43 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta 73 atraksi teatrikal kemerdekaan dari siswa SMA Unggulan PALI.

Bupati PALI, Heri Amalindo berharap, momen Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 ini semoga bisa dimaknai dengan sungguh-sungguh oleh masyarakat. Karena sebagaimana diketahui, untuk mengibarkan Bendera Merah Putih para pahlawan pendahulu berkorban darah dan nyawa agar Indonesia bisa merdeka.

"Momen kemerdekaan adalah momen perjuangan bangsa kita berkorban darah dan nyawa. Jadi, untuk itu setelah kemerdekaan ini jangan terjadi pertumpahan darah, perang saudara dan jangan sampai kita terpecah belah. Tetap jaga kesatuan dan persatuan kita," ungkapnya.

Menurut Heri Amalindo, dipilihnya Bandara Stanvac sebagai lokasi pengibaran bendara saat momen 17 Agustus lantaran Bandara Stanvac memiliki sejarah dan warisan untuk Kabupaten PALI.

"Terhitung sejak Tahun 1918 Bandara Stanvac ini bisa menghasilkan minyak 20-30 ribu barrel per detik. Jadi, memang memiliki sejarah kental untuk dijadikan lokasi pengibaran bendera momen kemerdekaan, selain lapangan Gelora yang sedang direnovasi," jelasnya. (Madhon/Fiq)

TerPopuler