Lansia Penyandang Disabilitas di Pamekasan Butuh Uluran Para Dermawan -->

Lansia Penyandang Disabilitas di Pamekasan Butuh Uluran Para Dermawan

Jumat, 11 Januari 2019, 7:54 PM
loading...
Kedua lansia penyandang disabilitas di Pamekasan saat dikunjungi relawan. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Kehidupan memprihatinkan masih saja ada di sekitar kita. Salah satunya seperti yang dialami oleh Pahah (59) dan Peya (85), warga Dusun Klampok, Desa Cenlecen, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Keduanya adalah tante dan keponakan,  yang selama hidup mereka tidak pernah menikah, sehingga tidak punya keturunan bahkan keluarga.

Pahah, si keponakan, menceritakan bahwa ia dan tantenya hanya hidup berdua. Dan untuk menyambung hidup, mereka harus bersabar menunggu belas kasihan dari tetangga sekitar.

"Saya hidup berdua dengan tante, kami saling menjaga. Tante sudah rabun juga pendengarannya agak terganggu, karena faktor usia. Sedangkan saya sendiri kurang beruntung, karena dilahirkan dengan kekurangan fisik, lebih tepatnya di bagian kaki, sehingga saya tidak bisa berjalan dengan normal," ungkapnya, Jumat (11/01/2019).

Dulu, lanjut Pahah, mereka berdua punya rumah. Akan tetapi, rumah tersebut sekarang sudah roboh dan kedua lansia penyandang disabilitas itu tidak mampu untuk memperbaiki.

"Akhirnya kami tinggal di dapur, dan untuk memenuhi kebutuhan hidup, kami dikasihani oleh tetangga. Maklum kami sudah tidak bisa bekerja lagi," tuturnya.

Sementara itu, Wiwin, seorang relawan di Pamekasan, menyatakan kehidupan kedua lansia tersebut memang memprihatinkan. Keduanya, kata dia, sudah lanjut usia, sehingga sudah tidak mungkin lagi bekerja.

"Apalagi Bapak Pahah ini penyandang disabilitas. Jadi, mereka berdua menggantungkan hidupnya kepada belas kasihan tetangga," ujarnya.

Karena itu, Wiwin berharap ada dermawan yang sudi membantu meringankan beban hidup kedua lansia penyandang disabilitas tersebut.

"Karena di rezeki kita itu ada hak mereka, terutama buat perangkat desa terkait, juga tetangga yang peduli untuk selalu bisa membantu lansia seperti mereka, juga lansia-lansia lainnya," harapnya, iba. (Ir/Fiq)

TerPopuler