Jalin Keakraban dengan Pemuda, IKAPEMDES Longos Gelar Istighosah dan Nobar Film -->


Jalin Keakraban dengan Pemuda, IKAPEMDES Longos Gelar Istighosah dan Nobar Film

Sabtu, 05 Januari 2019, 10:19 PM
loading...
Susana Istighosah, Silaturahmi Antar Organisasi Pemuda dan Nobar Film Pangeran Diponegoro oleh IKAPEMDES Longos. (Foto Ist/Mustafa)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Guna menjalin silaturahim dengan pemuda desa, Ikatan Pemuda Desa (IKAPEMDES) Longos, Kecamatan Gapura, Sumenep, Madura, Jawa Timur mengadakan Istighosah dan Nonton Film Pangeran Diponegoro.

Kegiatan tersebut digelar pada Sabtu malam (05/01/2018) di Balai Desa Longos dan dihadiri kurang lebih 70 orang terdiri dari pemuda dan tokoh masyarakat perwakilan 6 dusun.

Ketua IKAPEMDES Longos, Achmad Fikri Syah dalam sambutannya menyampaikan, Istighosah, Silaturahmi Antar Organisasi dan Nobar Film Pangeran Diponegoro tersebut digelar dengan sejumlah tujuan.

Yang pertama, kata dia, untuk mengisi momentum tahun baru 2019 dengan hal-hal yang positif.

"Salah satunya dengan istighosah, silaturahmi, dan nonton film bertema kepahlawanan," ungkapnya, Sabtu malam (05/01/2019).

Tujuan yang tak kalah penting, sambung Fikri, yaitu menjalin keakraban antar pemuda yang berada di Desa Longos sekaligus sosialisasi IKAPEMDES Longos sebagai organisasi sentral pemuda di desanya.

"Dengan ini kami harapkan para pemuda selanjutnya dapat bersinergi untuk bersama-sama membangun desa kita ini," terang dia.

Sementara Kepala Desa Longos, Mas'ud, SH yang diwakili Moh. Thawil selaku Ka. Ur. Pemerintahan menyinggung arti penting organisasi dan pemuda untuk kemajuan sebuah desa hingga negara.

Menurutnya, organisasi itu penting karena hal baik sekalipun namun tidak terorganisir tidak akan mampu mewujudkan tujuan yang ingin dicapai.

"Contoh mudahnya dalam ilmu biologi adalah tubuh kita. Tubuh kita ini terdiri dari organ-organ yang menyatu dan bekerjasama sesuai tugas dan fungsinya, sehingga bisa jadi satu kesatuan yang bisa hidup dan beraktivitas," ujar Thawil.

Begitu pula dengan organisasi. Kata dia, organisasi merupakan satu kesatuan yang terdiri dari berbagai pengurus dan anggota yang saling bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.

"Nah, dalam sinergitas itu kemudian organisasi, dalam hal ini IKAPEMDES Longos bisa melakukan planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian) hingga aktualisasi dan evaluasi daripada program-program dan kegiatan yang direncanakan," jelas Thawil.

Dimulai sekitar pukul 20.00 WIB, kegiatan Istighosah, Silaturahmi Antar Organisasi Pemuda, dan Nobar Film Pangeran Diponegoro tersebut dibagi menjadi dua sesi. Yang pertama dimulai dengan istighosah yang dilanjutkan dengan seromonial sambutan dari IKAPEMDES dan Pemerintah Desa.

Kemudian sesi kedua diisi dengan pemutaran dokumentasi kegiatan IKAPEMDES Longos sejak berdiri pada 07 Mei 2018 lalu, dilanjutkan dengan Nobar Film Pangeran Diponegoro berjudul 'November 1828'.

Dilansir dari Wikipedia, film tersebut menceritakan tentang sebuah kelompok penduduk desa di Jawa yang memberontak melawan pemerintahan penjajahan Hindia Belanda. Film tersebut mengandung tema loyalitas dan pengkhianatan.

Namun jika dicermati, pihak-pihak yang berkonflik secara frontal dalam film tersebut dilakukan para bawahan. Sementara para atasan_dalam hal ini Belanda dan Pangeran Diponegoro_hanya berada di latar belakang.

Kegiatan Istighosah, Silaturahmi Antar Organisasi, dan Nobar Film Pangeran Diponegoro tersebut merupakan program kerjasama Divisi Informasi dan Komunikasi (Infokom) dan Divisi Pendidikan dan Agama IKAPEMDES Longos.

Selain itu, juga didukung oleh Pemerintah Desa dan TP PKK Desa Longos, serta Talpa' Tana Community, salah satu organisasi pemuda yang eksis di Desa Longos. (Fiq)

TerPopuler