Nh Dini Meninggal Dunia, Sempat Cerita Novel 'Pada Sebuah Kapal' yang Dibajak -->


Nh Dini Meninggal Dunia, Sempat Cerita Novel 'Pada Sebuah Kapal' yang Dibajak

Rabu, 05 Desember 2018, 9:29 AM
loading...
Sebelum Wafat, Nh Dini Cerita Novel 'Pada Sebuah Kapal' yang Dibajak. (Foto GPU via detikHot)

JAKARTA, E-KABARI.COM - Kabar kepergian sastrawan besar Nh Dini membawa duka yang mendalam bagi industri buku Indonesia. Karya-karyanya menjadi pembaharu atas tema perempuan, salah satunya adalah novel 'Pada Sebuah Kapal'.

Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) sebelumnya menerbitkan ulang novel dari ibunda kreator 'Despicable Me' dan 'Minnions' tersebut. Editor Sastra GPU, Mirna Yulistianti menuturkan keduanya sempat berbicara akhir pekan lalu.
Ada satu masalah yang dilontarkan oleh Nh Dini pada pihak GPU.

"Sabtu lalu, beliau sempat whatsapp dan mengatakan bukunya dibajak. Beliau bilang dibajak di situs online, mengadukan pada saya dan pihak GPU," ujarnya ketika dihubungi detikHOT, Selasa (4/12).

Pihak GPU pun menanggapi kasus tersebut. "Kami bilang akan mem-follow up kasus ini, dari pihak kami ada satu orang yang akan membantu," lanjutnya.

Kepergian Nh Dini juga membawa duka yang mendalam terhadap GPU. "Segenap redaksi Gramedia Pustaka Utama mengucapkan turut berduka cita yg sedalam-dalamnya. Semoga Ibu Nh. Dini mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. #bukugpu," kicau @bukugpu.

Novel 'Pada Sebuah Kapal' dicetak ulang oleh GPU pada Agustus lalu. Di karya ini, Nh Dini memunculkan sosok Sri sebagai perempuan tangguh dan cerdas.

Mengisahkan perjalanan hidup seorang penyiar radio bernama Sri yang memiliki impian menjadi pramugari. Karena sakit, ia gagal dalam tes sebagai pramugari, namun cerita Sri tak berhenti sampai di situ.

Seorang teman Sri yang bernama Narti mengenalkan pada beberapa teman dengan latar belakang penerbangan, kehidupan cintanya pun berlanjut. Novel ini pertama kali terbit di tahun 1972 silam.

Begini Kronologi Kecelakaan yang Menewaskan Nh Dini
Sastrawan ternama Nh Dini meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan di tol Semarang. Mendiang sempat dirawat di rumah sakit namun nyawanya tidak tertolong.

Peristiwa tersebut terjadi Selasa siang pukul 11.15 WIB di ruas jalan tol KM 10. Saat itu ada truk Nopol AD-1536-JU yang mengalami kendala mesin dan mundur mengenai Toyota avanza Nopol H-1362-GG yang ditumpangi Sri Hardini atau Nh. Dini.

"Diduga light truk mengalami kerusakan (berhenti sesaat di jalur utama) saat pengemudi akan melanjutkan perjalanan tidak bisa dikendalikan sehingga berjalan mundur kemudian terjadi laka dengan Kbm Toyota Avanza Nopol H-1362-GG yang melaju searah di belakangnya," kata Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi kepada wartawan, Selasa (4/12/2018).

Pengemudi Avanza, Suparjo dan Nh Dini kemudian dibawa ke rumah sakit. Namun sastrawan senior tersebut tidak tertolong dan meninggal di RS Elisabeth Semarang.

"Telah berpulang Nh Dini jam 16.30 di RSE saat disemayamkan di kamar jenazah RSE," kata Humas RS Elisabeth Semarang, Probowati Tjondronegoro.

Nh Dini juga merupakan ibunda Pierre Coffin, sang kreator Despicable Me yang mentenarkan tokoh lucu Minions.


Sumber: detikHot

TerPopuler