Sambut Kemenangan, Pemkab Sumenep Gelar Gema Takbir Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah -->

Sambut Kemenangan, Pemkab Sumenep Gelar Gema Takbir Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Selasa, 09 April 2024, 10:02 PM
loading...
Sambut Kemenangan, Pemkab Sumenep Gelar Gema Takbir Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo bersama jajaran Forkopimda menabuh bedug menandai dibukanya Gema Takbir Idul Fitri 1 Syawal 1445 H. (Foto Dok. Prokopimkab Sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra menggelar Gema Takbir Idul Fitri 1445 H.


Kegiatan menyambut hari kemenangan itu berlangsung di depan Labang Mesem Keraton Sumenep, Selasa, 9 April 2024 malam.


Pembukaan Gema Takbir Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H di Sumenep ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo bersama Forkopimda.


"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah," kata Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo mengawali isi sambutannya.


Pemkab Sumenep melaksanakan Gema Takbir Hari Raya Idul Fitri 1445 H sebagai bentuk kebahagiaan menyambut hari kemenangan setelah satu bulan menjalankan puasa Ramadan.


"Semoga kemenangan ini benar-benar kita rasakan dalam segala hal. Baik menang mengontrol jiwa, nafsu maupun keinginan yang dibatasi dengan jalan yang lurus," harap Bupati.


Menurut dia, puasa selama sebulan memberikan gambaran dan pembelajaran untuk bisa menahan hawa nafsu dan kesabaran agar ibadah setahun sekali itu bisa diterima di sisi Allah SWT.


"Puasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus, tetapi bagaimana agar puasa kita menjadi puasa yang istiqamah, sehingga puasa yang kita jalani menjadi kemenangan dan kembali ke hati yang bersih dan menjalani lembaran baru," sambung Bupati Achmad Fauzi.


Tak lupa, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajanan pimpina OPD dan ASN yang telah berkontribusi mewujudkan tagline "Bismillah Melayani" untuk masyarakat Sumenep.


Pun ia mengingatkan agar ASN selalu menjaga kesehatan. Sebab setelah bulan Ramadan, biasanya ada kejutan pola makan karena banyak sekali suguhan yang harus dinikmati.


"Di masa transisi pola makan (selama lebaran, red) kondisi lambung harus dijaga agar tetap sehat," ujar Bupati Achmad Fauzi.


Sementara Kepala Bagian Kesra Setdakab Sumenep Kamiluddin menyampaikan, Gema Takbir Idul Fitri kali ini mengusung tema "Rayakan Kemenangan, Momentum Menebar Kebaikan, Merajut Kebersamaan Serta Mempererat Persaudaraan Antar Sesama".


"Saya mengucapkan syukur atas terselenggaranya gema takbir malam ini dalam rangka menyambut Hari Kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah," ujar Kamiluddin.


Kegiatan Gema Takbir Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah dihadiri langsung Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, Forkopimda, Kepala OPD, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) serta sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN), tokoh agama, dan masyarakat. (*/Rfq)

TerPopuler