Jangan Lewatkan! Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan Digelar Hari ini Pukul 17.00 WIB -->

Jangan Lewatkan! Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan Digelar Hari ini Pukul 17.00 WIB

Minggu, 10 Maret 2024, 3:11 PM
loading...
Jangan Lewatkan! Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan Digelar Hari ini Pukul 17.00 WIB
Jangan Lewatkan! Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan Digelar Hari ini Pukul 17.00 WIB. (Ilustrasi/detikcom)


JAKARTA, E-KABARI.com - Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1445 H akan digelar hari ini, Ahad, 10 Maret 2024 petang.


Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal puasa atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah mulai pukul 17.00 WIB.


Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin mengatakan, tujuan Sidang Isbat yaitu sebagai salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian pelaksanaan ibadah.


Adapun Tim Hisab dan Rukyat Kemenag menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Adib akan dilibatkan dalam Sidang Isbat yang dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.


Perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga akan terlibat dalam Sidang Isbat penentuan awal Ramadhan hari ini.


Adib mengungkapkan, Sidang Isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 Hijriah berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. Pemaparan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.


"Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam," kata Adib, seperti dikutip CNN Indonesia dalam laman resmi Kemenag, Ahad, 10 Maret 2024.


Kedua, Sidang Isbat penetapan awal Ramadhan 1445 Hijriah yang digelar tertutup setelah salat Maghrib. Sidang Isbat sesi ini nantinya akan merujuk pada data hisab (informasi) dan rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia.


"Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat yang juga disiarkan melalui media sosial Kemenag," Adib menambahkan. (CNNI/Rfq)

TerPopuler