Doa Menyambut Bulan Ramadhan dan Ketika Melihat Hilal, Yuk Amalkan! -->

Doa Menyambut Bulan Ramadhan dan Ketika Melihat Hilal, Yuk Amalkan!

Sabtu, 09 Maret 2024, 12:32 PM
loading...
Doa Menyambut Bulan Ramadhan dan Ketika Melihat Hilal, Yuk Amalkan!
Doa Menyambut Bulan Ramadhan dan Ketika Melihat Hilal, Yuk Amalkan! (Ilustrasi/iStockPhoto/Graphicscoco)


E-KABARI.com - Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Saat ini, umat Islam di seluruh  penjuru dunia pun berbondong-bondong untuk menyambut datangnya bulan suci tersebut.


Momen penyambutan bulan puasa ini dikenal sebagai Tarhib Ramadhan. Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan amalan-amalan selama menyambut datangnya bulan Ramadhan.


Mengutip detikJateng sebagaimana dilansir dari laman resmi Nahdlatul Ulama, setidaknya ada 7 amalan Tarhib Ramadhan bagi umat Islam. Namun, di sini kita akan membahas dua di antara amalan-amalan menyambut Ramadhan.


Kedua amalan Tarhib Ramadhan itu adalah doa menyambut Ramadhan dan doa ketika melihat hilal Ramadhan. Doa-doa tersebut sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW.


Bagaimana doa tersebut? Mari simak doa menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan ketika melihat hilal Ramadhan berikut ini.


1. Berdoa Menyambut Ramadhan


Amalan menyambut datangnya bulan Ramadhan dapat dimulai dengan berdoa, mengucapkan selamat datang pada bulan yang mulia ini. Salah satu doa yang dapat dibaca adalah:


اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ


Allahumma barik lana fi Rajab wa Sha'ban wa barik lana fi Ramadan.


Artinya:
"Ya Allah, berikanlah berkah pada bulan Rajab dan Sya'ban, dan berikanlah berkah pada bulan Ramadhan. Sampaikanlah kami dengan selamat hingga mencapai bulan Ramadhan." (HR Ahmad).


Doa lainnya yang bisa diucapkan adalah:


اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً


Allahumma sallimni ila Ramadan wa sallim li Ramadan wa tasallamhu minni mutaqabbalan.


Artinya:
"Ya Allah, selamatkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan selamatkanlah Ramadhan untukku. Terimalah Ramadhan dariku dengan penuh keridhaan." (Doa Yahya bin Abi Katsir dalam Hilyah).


2. Berdoa Ketika Melihat Hilal Ramadhan


Tak hanya mengucapkan doa penyambutan bulan Ramadhan sebagaimana di atas, umat Islam juga dianjurkan mengucapkan doa khusus ketika melihat hilal Ramadhan. Adapun doa yang dianjurkan untuk kita baca adalah:


اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ


Allahumma ahillahu 'alaina bil-amni wal-iman, was-salamati wal-Islam, Rabbi warabbuka Allah, hilalu rushdin wa khair.


"Ya Allah, sampaikanlah bulan Ramadhan dengan membawa keamanan, keimanan, keselamatan, dan keislaman bagi kami. Engkau adalah Tuhan yang Maha Bijaksana, wahai bulan petunjuk dan kebaikan." (HR Ahmad dan At-Tirmidzi).


Itulah doa menyambut bulan Ramadhan dan doa ketika melihat hilal Ramadhan. Mari kita lakukan persiapan yang matang untuk meraih pahala fan ridha Allah SWT di bulan Ramadhan dimulai dengan memanjatkan doa-doa tersebut. (dJ/Rfq)

TerPopuler